Iklan dempo dalam berita

Musim Pilkada, Sebelum Menentukan Pilihan, Ini Ciri Calon yang Cocok Jadi Kepala Daerah Menurut Islam

Musim Pilkada, Sebelum Menentukan Pilihan, Ini Ciri Calon yang Cocok Jadi Kepala Daerah Menurut Islam

Ciri calon yang cocok dipilih dalam Pilkada serentak 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMMusim pilkada, sebelum menentukan pilihan, ini ciri calon yang cocok jadi kepala daerah menurut Islam.

Musim pemilihan kepala daerah (pilkada) membuat masyarakat diharuskan untuk memilih pemimpin daerah yang amanah dan dapat menampung seluruh aspirasai masyarakat.

Pilkada merupakan pelaksanaan pemilihan yang menjunjung kedaulatan rakyat yang berada di wilayah provinsi maupun kabupaten/kota. Rakyat akan diberi hak untuk memilih kepala daerah mereka secara langsung dan demokratis.

BACA JUGA:Berencana Bangun Rumah Tipe 21? Ini Rincian Biayanya, Wujudkan Hunian Minimalis Modern

Kepala daerah adalah gubernur (kepala daerah provinsi), bupati (kepala daerah kabupaten), atau wali kota (kepala daerah kota). Kepala daerah dibantu oleh seorang Wakil gubernur, Wakil bupati, dan Wakil wali kota. 

Sejak tahun 2005, pasangan kepala daerah dan wakil kepala daerah dipilih secara langsung oleh rakyat melalui Pemilihan Umum Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah (Pilkada). Pasangan tersebut dicalonkan oleh partai politik dan/atau independen.

Terkait Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 telah diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati, dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

BACA JUGA:Ini Perkiraan Biaya Bangun Rumah Ukuran 10 X 10 Meter Tebaru 2024

Kapan Pilkada Serentak 2024?

Masih merujuk pada PKPU Nomor 2 Tahun 2024, masyarakat dapat mengetahui secara detail mengenai jadwal Pilkada 2024. Salah satunya mengenai Pilkada 2024 yang serentak akan diselenggarakan pada 27 November 2024 mendatang.

Lantas, seperti apa ciri kepala daerah yang baik menurut Islam?

Dalam ajaran Islam, pemimpin terbaik sepanjang masa tentu saja Rasulullah SAW. Beliau menjadi suri tauladan dan sosok panutan dalam memimpin umat.

BACA JUGA:Harimau Sumatera Terus Teror Warga di Bengkulu Utara, Diperkirakan Ada 9 Ekor Masuk ke Perkebunan

Melalui Al-Qur'an, Allah SWT berfirman tentang perintah menaati Ulil Amri atau pemimpin. Sebagaimana termaktub dalam surat An-Nisa Ayat 59,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: