Iklan dempo dalam berita

11 Manfaat Rutin Mengonsumsi Cuka Apel, Salah Satunya Ampuh Mengatasi Perut Buncit

11 Manfaat Rutin Mengonsumsi Cuka Apel, Salah Satunya Ampuh Mengatasi Perut Buncit

11 Manfaat Rutin Mengonsumsi Cuka Apel, Salah Satunya Ampuh Mengatasi Perut Buncit--Foto: ist

BACA JUGA:Tak hanya Bumbu Dapur, Simak 7 Cara Konsumsi Cuka Apel untuk Diet, Intip juga 7 Manfaat Lain Cuka Apel

2.Membantu menurunkan berat badan

Manfaat dari cuka apel lainnya yaitu membantu menurunkan berat badan. Efek panjang dari mengonsumsi cuka apel sebelum makan besar dapat menurunkan berat badan, walau tidak dalam jumlah yang banyak.

Meski begitu, penurunan berat badan tetap harus diimbangu dengan menjaga pola makan dan berolahraga. Tentu saja tidak bisa hanya dengan menjadikan cuka apel sebagai satu-satunya cara untuk menurunkan badan.

3.Membunuh kuman pada makanan

Siapa sangka, ternyata cuka apel juga dapat membuat makanan menjadi lebih bersih dan higienis. Hal ini disebabkan karena kandungan asam asetat yang lebih banyak dibandingkan dengan jenis cuka lainnya. Kandungan tersebut dapat membunuh kuman berbahaya dalam makanan. Inilah mengapa cuka apel sering digunakan atau dikonsumsi dengan lalapan, sayuran mentah, dan salad.

4.Membantu menurunkan tekanan darah

Tidak sedikit orang yang percaya bahwa cuka apel bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi pada pengidap hipertensi. Sayangnya, penelitian yang menjelaskan tentang manfaat cuka apel bagi tekanan darah baru teruji pada hewan, sehingga belum terbukti secara klinis pada manusia.

BACA JUGA:6 Bahan Menuntaskan Kuku Berbau, Salah Satunya Menggunakan Cuka Apel

5.Memberikan perlindungan pada sel tubuh

Tahukah kamu apa persamaan antara buah-buahan, sayuran, kopi, dan cokelat? Semuanya jenis makanan tersebut memiliki kandungan antioksidan polifenol, yang berperan penting sebagai pelindung sel tubuh dari penyakit berbahaya dan kanker.

Ternyata, polifenol juga bisa kamu temukan pada cuka apel. Meski belum ada bukti ilmiah yang menyatakan manfaat polifenol dalam cuka apel, tapi diduga manfaatnya sama seperti yang terkandung dalam bahan makanan lainnya. 

6.Mengendalikan kadar insulin

Masih bagi pengidap diabetes, cuka apel ternyata juga dapat membantu mengendalikan kadar insulin. Tubuh membutuhkan insulin guna mengubah glukosa dari makanan yang dikonsumsi menjadi energi.

Sayangnya, kadar insulin yang terlalu tinggi akan membuat tubuh tidak sensitif lagi terhadap insulin. Kondisi yang disebut dengan resistensi insulin inilah yang akhirnya memicu terjadinya penyakit diabetes tipe 2.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: