Iklan dempo dalam berita

Respon Jokowi Tentang Pembatasan BBM Pertalite Mulai 1 Oktober

Respon Jokowi Tentang Pembatasan BBM Pertalite Mulai 1 Oktober

Respon Jokowi Tentang Pembatasan BBM Pertalite Mulai 1 Oktober--Foto: ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Respon Jokowi tentang pembatasan bbm-pertalite mulai 1 Oktober.

Pemerintah memberi isyarat bakal terapkan pembatasan BBM penugasan jenis Pertalite pada Oktober nanti. Sebagai langkah awal maka sosialisasi bakal diintensifkan mulai September nanti.

Bahlil Lahadalia, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), menyatakan langkah ini diambil agar subsidi bisa terkontrol dan dipastikan dinikmati masyarakat yang berhak.

BACA JUGA:Mulai 1 Oktober Pembelian BBM Pertalite Dibatasi, Ini Daftar Motor yang Dilarang Beli

“Ya, memang ada rencana begitu (pembatasan mulai 1 oktober). Karena begitu aturannya keluar, permennya keluar, itu kan ada waktu untuk sosialisasi. Nah, waktu sosialisasi ini yang sekarang saya lagi bahas,” kata Bahlil di komplek DPR, Selasa (27/8/2024).

Menurut dia kajian untuk pembatasan Pertalite masih dilakukan berbarengan dengan sosialisasi kepada masyarakat.

Untuk bisa menerapkan kebijakan ini pemerintah hanya menyiapkan Peraturan Menteri (Permen) lantaran belum ada tanda-tanda revisi Peraturan Presiden (Perpres) 191 yang saat ini berlaku selesai direvisi.

BACA JUGA:BBM Pertalite Dibatasi Mulai 1 Oktober, Ini Daftar Mobil yang Dilarang Beli di SPBU

Bahlil memastikan dengan berlakunya aturan ini nanti maka mobil-mobil mewah tidak akan lagi diperbolehkan membeli Pertalite. “Kalau yang berhak menerima subsidi itu kan masyarakat, mohon maaf ya, yang golongan ekonominya menengah ke bawah. Kalau kita kayak kita masih menerima BBM bersubsidi, apa kata dunia bos?” tegas Bahlil. 

Respon Jokowi Tentang Pembatasan BBM Pertalite Mulai 1 Oktober

Jokowi akhirnya buka suara terhadap kabar tersebut. Dirinya mengatakan, pembatasan tersebut belum mencapai kata final. Pasalnya, belum ada pembahasan dan keputusan secara resmi dari pemerintah. 

“Saya kira kita masih dalam proses sosialisasi, kita akan melihat di lapangan seperti apa, belum ada keputusan. Belum ada rapat,” ujar Jokowi saat ditemui setelah peresmian gedung baru di RSUP dr. Sardjito, Rabu (28/8/2024).

BACA JUGA:Begini Mekanisme Pembatasan BBM Pertalite Mulai 1 Oktober 2024, Pembelian Lewat QR Code

Menurut Jokowi, wacana pembatasan pembelian Pertalite tersebut hingga kini masih dalam proses sosialisasi. Artinya, belum ada kepastian yang tercapai. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: