Iklan dempo dalam berita

Berkunjung Selama Tiga Hari, Berikut Agenda Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di Indonesia

Berkunjung Selama Tiga Hari, Berikut Agenda Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di Indonesia

Paus Fransiskus kunjungi Indonesia selama 3 hari--ist

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMBerkunjung selama tiga hari, berikut agenda Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus di Indonesia

Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus akan berada di Indonesia dalam tiga hari ke depan.

Kunjungan yang dimulai hari ini 3 September hingga 6 September 2024 direspon baik oleh sejumlah kalangan, mulai dari menteri Kabinet Presiden Joko Widodo atau Jokowi hingga mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

BACA JUGA:Kembali Melangkah ke Panggung Politik, Intip Harta Kekayaan Al Haris Bakal Calon Gubernur Jambi

Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas menilai kedatangan Pemimpin Gereja Katolik Dunia Paus Fransiskus ke Indonesia menjadi bukti bahwa hubungan bilateral antara Indonesia dengan Vatikan terjalin erat.

"(Kunjungan) ini menunjukkan hubungan yang sangat erat antara Indonesia dan Vatikan. Kenapa begitu? Karena tidak semua negara pernah dikunjungi oleh Bapak Paus," ujar Menag.

Menag mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus ini sangat berharga. Sebab, tidak semua negara pernah dikunjungi Paus. Bahkan, katanya, Argentina yang menjadi tanah kelahirannya belum sempat dikunjungi.

"Karena tidak semua negara pernah dikunjungi oleh Bapak Paus. Bahkan, Argentina negara asalnya pun belum pernah dikunjungi oleh beliau," kata dia.

Kunjungan ini juga, kata Menag, mengandung arti yang mendalam. Kehadiran Paus di Indonesia mencerminkan pesan kebersamaan dalam perbedaan.

"Kenapa datangnya ke Indonesia yang sangat multireligi, agamanya banyak gitu. Saya kira ada pesan perdamaian yang akan disampaikan oleh Paus," kata dia.

Untuk diketahui, Paus Fransiskus adalah Paus ketiga yang berkunjung ke Indonesia. Pertama adalah Paus Santo Paulus VI yang berkunjung pada 3-4 Desember 1970. 

Sembilan belas tahun kemudian, Paus Santo Yohanes Paulus II berkunjung ke Indonesia pada 9-14 Oktober 1989. Setelah 35 tahun, Paus Fransiskus melakukan perjalanan apostolik ke Indonesia.

BACA JUGA:Terbaru! Ini Daftar Mobil Honda yang Dilarang Isi Pertalite, Kendaraanmu Termasuk?

Berikut jadwal dan agenda kunjungan Paus saat di Indonesia:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: