Iklan dempo dalam berita

Bekerja Bertaruh Nyawa, Ini Rincian Gaji PNS Damkar Mahir Golongan 3A Per Bulan

Bekerja Bertaruh Nyawa, Ini Rincian Gaji PNS Damkar Mahir Golongan 3A Per Bulan

Gaji PNS Damkar Golongan 3A --

BACA JUGA:Risiko Pekerjaan Berbahaya, Berapa Gaji yang Diterima PNS Damkar Terampil Golongan 2B Setiap Bulannya

Dengan paparan yang berbahaya ini, pekerjaan ini menimbulkan kemungkinan timbulnya banyak penyakit. Petugas pemadam kebakaran yang merokok atau melakukan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya memiliki risiko lebih besar. 

Merokok meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan, stres, dan hasil pengobatan yang lebih buruk untuk penyakit tertentu, seperti hepatitis. Berikut pembahasannya:

1. Penyakit Jantung

Serangan jantung menyumbang 45 persen dari seluruh kematian terkait pekerjaan di kalangan petugas pemadam kebakaran. Risiko ini meningkat selama tindakan pemadaman kebakaran itu sendiri. 

Hal ini dapat disebabkan oleh pekerjaan yang intens di dekat api yang panas, paparan karbon monoksida, dan tekanan lain yang terkait dengan pekerjaan. Kurangnya kebugaran fisik, kelebihan berat badan, dan merokok membuat risiko tersebut lebih tinggi.

Petugas pemadam kebakaran yang juga merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena CO dan masalah paru-paru lainnya. 

Tingkat stres fisik dan mental yang tinggi membuat jantung membutuhkan lebih banyak oksigen; namun, menghirup lebih banyak CO akan mengurangi jumlah oksigen yang diterima petugas pemadam kebakaran. 

Hal ini dapat menyebabkan serangan jantung baik karena penyakit arteri koroner maupun karena irama jantung yang tidak normal.

BACA JUGA:Diprediksi Terjadi September Ini, Begini Dampak La Nina Bagi Masyarakat dan Petani di Indonesia

2. Kanker

Menurut studi Institut Nasional untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja, petugas pemadam kebakaran dua kali lebih mungkin didiagnosis menderita kanker invasif dibandingkan rata-rata orang. 

Petugas pemadam kebakaran biasanya bersentuhan dengan bahan berbahaya penyebab kanker saat mereka memadamkan api. Petugas pemadam kebakaran berisiko lebih tinggi terkena kanker usus besar, otak, kandung kemih, ginjal, dan limfoma Hodgkin.

BACA JUGA:Rincian Gaji PNS Damkar Mahir Golongan 3D Terbaru 2024, Cek Tunjangan yang Diterima

3. Penyakit Pernapasan Kronis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: