Iklan dempo dalam berita

Daftar CPNS Petugas Damkar, Segini Gaji Petugas Damkar Terampil Golongan 2C jika Lolos Seleksi

Daftar CPNS Petugas Damkar, Segini Gaji Petugas Damkar Terampil Golongan 2C jika Lolos Seleksi

Gaji PNS Damkar Golongan 2C berapa?--

- Tes renang.

BACA JUGA:Segini Besaran Tunjangan Perawat Terampil Berdasarkan Jenjang Jabatannya

Tantangan yang Dihadapi Petugas Damkar

Menjadi seorang petugas Damkar bukan tanpa risiko. Mereka harus bekerja di lingkungan yang berbahaya dan penuh asap, dengan risiko terluka atau bahkan terbunuh.

Selain itu, mereka juga harus siap siaga 24 jam sehari, 7 hari seminggu, untuk merespon panggilan darurat.

Petugas pemadam kebakaran menghadapi risiko serius dalam pekerjaan seperti kelelahan akibat panas, luka bakar, stres fisik dan mental. Selain itu, mereka sering bersentuhan dengan karbon monoksida tingkat tinggi dan bahaya racun lainnya. 

Dengan paparan yang berbahaya ini, pekerjaan ini menimbulkan kemungkinan timbulnya banyak penyakit. Petugas pemadam kebakaran yang merokok atau melakukan kebiasaan gaya hidup tidak sehat lainnya memiliki risiko lebih besar. 

BACA JUGA:Risiko Pekerjaan Berbahaya, Berapa Gaji yang Diterima PNS Damkar Terampil Golongan 2B Setiap Bulannya

Merokok meningkatkan risiko terkena penyakit jantung, kanker, penyakit pernapasan, stres, dan hasil pengobatan yang lebih buruk untuk penyakit tertentu, seperti hepatitis.

1. Penyakit Jantung

Serangan jantung menyumbang 45 persen dari seluruh kematian terkait pekerjaan di kalangan petugas pemadam kebakaran. Risiko ini meningkat selama tindakan pemadaman kebakaran itu sendiri. 

Hal ini dapat disebabkan oleh pekerjaan yang intens di dekat api yang panas, paparan karbon monoksida, dan tekanan lain yang terkait dengan pekerjaan. Kurangnya kebugaran fisik, kelebihan berat badan, dan merokok membuat risiko tersebut lebih tinggi.

Petugas pemadam kebakaran yang juga merokok memiliki risiko lebih tinggi terkena CO dan masalah paru-paru lainnya. 

BACA JUGA:Diprediksi Terjadi September Ini, Begini Dampak La Nina Bagi Masyarakat dan Petani di Indonesia

Tingkat stres fisik dan mental yang tinggi membuat jantung membutuhkan lebih banyak oksigen; namun, menghirup lebih banyak CO akan mengurangi jumlah oksigen yang diterima petugas pemadam kebakaran. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: