Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi, Penting Diperhatikan

Ini Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi, Penting Diperhatikan

Cara Menyelamatkan Diri dari Gempa Bumi--

Salah satu langkah pertama yang harus diambil ketika terjadi gempa bumi adalah menjaga ketenangan. Kepanikan hanya akan memperburuk situasi dan bisa mengganggu kemampuan kita untuk berpikir jernih.

Jika kamu berada di tempat umum seperti kantor, pusat perbelanjaan, atau hotel, penting untuk tetap tenang dan mengikuti arahan petugas yang ada di lokasi tersebut.

Biasanya, tempat-tempat seperti ini sudah dilengkapi dengan petunjuk jalur evakuasi, dan mengikuti petunjuk tersebut dengan tertib adalah langkah yang benar.

BACA JUGA:Sah Jadi Menteri Pemuda dan Olahraga, Segini Gaji dan Tunjangan Dito Ariotedjo

2. Segera Keluar dari Bangunan

Jika memungkinkan, segera tinggalkan gedung atau bangunan tempat kamu berada. Bangunan yang terkena dampak gempa bumi bisa mengalami kerusakan yang tidak terlihat dari luar, sehingga lebih baik menjauh dari bangunan tersebut.

Pastikan untuk bergerak dengan hati-hati dan tidak terburu-buru, agar tidak menambah risiko cedera.

3. Gunakan Tangga Darurat

Jika kamu berada di gedung bertingkat dan harus menggunakan tangga darurat untuk keluar, pastikan beberapa hal. Peganglah sisi tangga dengan baik dan jangan berlari karena berlari bisa meningkatkan risiko terjatuh.

Jika kamu menggunakan sepatu hak tinggi, sebaiknya lepaskan sepatu tersebut untuk mengurangi risiko terjatuh. Ingatlah untuk selalu bergerak dengan hati-hati dan mengikuti instruksi yang diberikan.

BACA JUGA:Viral! Mobil Dirusak Massa, Gegara Kabur Usai Serempet Motor dan Pejalan Kaki

4. Hindari Penggunaan Lift

Lift dapat menjadi sangat berbahaya selama gempa bumi karena risiko terjebak di dalamnya. Jika kamu berada di dalam lift ketika gempa terjadi, segera tekan semua tombol untuk keluar di lantai terdekat.

Setelah pintu lift terbuka, carilah tempat yang aman untuk berlindung. Jika pintu lift tidak bisa terbuka, tekan tombol darurat dan hubungi petugas gedung menggunakan interphone yang tersedia dalam lift.

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini 9 Cara Menyelamatkan Diri saat Terjadi Tsunami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: