Iklan dempo dalam berita

Jadi Tanda Datangnya Kiamat, Begini Cara Selamat dari Dukhan

Jadi Tanda Datangnya Kiamat, Begini Cara Selamat dari Dukhan

Cara Selamat dari Dukhan --

Melansir buku Ensiklopedia Islam Menelisik Hakikat Nur hingga Kabut Asap Tanda Kiamat karya Hafidz Muftisany, Al Qurthubi dalam tafsirnya menggabungkan dua pendapat dari Ibnu Mas'ud dan Ibnu Abbas. Menurut Al Qurtubi, asap dari dukhan ini dimungkinkan telah muncul pada dua masa.

BACA JUGA:Jangan Panik, Ini 9 Cara Menyelamatkan Diri saat Terjadi Tsunami

Periode pertama yakni ketika telah turunnya Nabi Muhammad SAW untuk mengazab orang kafir Quraisy. Sedangkan periode yang kedua ialah menjadi tanda besar akan datangnya Kiamat, yakni dapat berupa hantaman meteor ke muka bumi yang menyebabkan asap.

Doa yang dianjurkan saat terjadi dukhan sebagai tanda kiamat besar sangat penting diketahui umat manusia.

Tidak ada doa yang dikhususkan dibaca atau diamalkan saat terjadi dukhan. Tapi, bisa membaca doa saput jagat atau yang lainnya.

BACA JUGA:Sah Jadi Menteri Pemuda dan Olahraga, Segini Gaji dan Tunjangan Dito Ariotedjo

Doa ini berisi pemintaan seluruh kebaikan di dunia dan akhirat. Doa sapu jagad yang dimaksud adalah:


رَبَّنَا آَتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآَخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ

Robbanaa aatina fid dunyaa hasanah, wa fil aakhiroti hasanah, wa qinaa 'adzaban naar.

"Ya Allah, berikanlah kepada kami kebaikan di dunia, berikan pula kebaikan di akhirat dan lindungilah kami dari siksa neraka." (QS Al Baqarah: 200–201. HR Bukhari nomor 4522 dan Muslim: 2690)

BACA JUGA:Gaji ASN Kemenparekraf 2024, Paling Rendah Rp 6 Jutaan, Cek Rinciannya

Bisa juga mengamalkan doa keselamatan dunia hingga akhirat berikut ini:


وَعَنْهُ ، قَالَ : كَانَ رسُولُ اللهِ – صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ – يَقُوْلُ : (( اللَّهُمَّ أصْلِحْ لِي دِيْنِيَ الَّذِي هُوَ عِصْمَةُ أَمْرِي ، وَأَصْلِحْ لِي دُنْيَايَ الَّتِي فِيهَا مَعَاشِي ، وَأَصْلِحْ لِي آخِرتِي الَّتي فِيهَا مَعَادِي ، وَاجْعَلِ الحَيَاةَ زِيَادَةً لِي فِي كُلِّ خَيْرٍ ، وَاجْعَلِ المَوتَ رَاحَةً لِي مِنْ كُلِّ شَرٍّ )) . رَوَاهُ مُسْلِمٌ.

Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu, ia berkata bahwa Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam mengucapkan:

Alloohumma ashlih lii diiniyalladzii huwa 'ishmatu amrii, wa ashlih lii dun-yaayallatii fiihaa ma'aasyii, wa ash-lih lii aakhirotiillatii fiihaa ma'aadii, waj'alil hayaata ziyaadatan lii fii kulli khoirin, waj'alil mauta roohatan lii min kulli syarrin.

"Ya Allah, perbaikilah bagiku agamaku yang menjadi pegangan urusanku; perbaikilah bagiku duniaku yang menjadi tempat kehidupanku; perbaikilah bagiku akhiratku yang menjadi tempat kembaliku; serta jadikanlah kehidupanku mempunyai nilai tambah bagiku dalam segala kebaikan dan kematianku sebagai kebebasanku dari segala keburukan." (HR Muslim nomor 2720).

Demikianlah informasi tentang salah satu tanda kiamat! begini cara selamat dari dukhan atau kabut asap. Wallahua'lam.

Tianzi Agustin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: