Iklan dempo dalam berita

Viral di Medsos, Dokter Keluarkan Jarum Pentul dari Lambung, Diduga Tertelan saat Pasien Ingin Kenakan Hijab

Viral di Medsos, Dokter Keluarkan Jarum Pentul dari Lambung, Diduga Tertelan saat Pasien Ingin Kenakan Hijab

Jarum pentul yang dikeluarkan dari lambung salah seorang pasien --ist

Beberapa bahkan berbagi pengalaman serupa, di mana mereka pernah hampir menelan jarum pentul secara tidak sengaja.

Salah satu komentar yang cukup mencuri perhatian datang dari pengguna akun @bab yang mengatakan, "Ngeriii ya Allah, sereeemm. Aku sejak hamil nggak mau pakai jilbab yang perlu jarum pentul lagi." 

Banyak wanita berhijab yang kemudian mengaku akan lebih berhati-hati dan mempertimbangkan penggunaan alternatif lain selain jarum pentul saat mengenakan hijab.

Kekhawatiran yang dirasakan para warganet pun cukup beralasan. Jarum pentul, sebagai benda tajam dan kecil, jika tertelan dapat membahayakan organ-organ dalam tubuh, terutama saluran pencernaan seperti kerongkongan, lambung, dan usus. 

Jarum pentul dapat menimbulkan luka, perdarahan, hingga infeksi yang serius jika tidak segera ditangani dengan tepat.

BACA JUGA:Angsuran BPJS Kesehatan ASN di Kaur Menunggak hingga Rp 4 Miliar

Penjelasan Dokter: Pasien Selamat Tanpa Luka Serius

Menjawab banyaknya pertanyaan dari warganet, dr. Ari memberikan penjelasan lebih lanjut mengenai kondisi pasien setelah prosedur endoskopi dilakukan. 

Ia menegaskan bahwa pasien dalam kondisi baik setelah jarum pentul berhasil dikeluarkan. Untungnya, jarum tersebut tidak menimbulkan luka serius di lambung ataupun saluran pencernaan lainnya.

"Pasiennya dibius total selama prosedur, sehingga tidak merasakan apa-apa. Lubang di lambung yang terjadi akibat jarum pentul dapat menutup dan sembuh dengan sendirinya tanpa harus dilakukan operasi lanjutan," ujar dr. Ari menjelaskan kondisi pasien pasca operasi.

Dengan demikian, pasien dapat pulih tanpa memerlukan perawatan tambahan atau tindakan bedah yang lebih invasif. Namun, dr. Ari tetap mengingatkan agar para pengguna hijab lebih berhati-hati saat menggunakan jarum pentul, terutama saat memegang jarum di dekat mulut.

Bahaya Menelan Benda Tajam

Kasus ini bukan kali pertama terjadi. Jarum pentul yang tertelan secara tidak sengaja kerap menjadi masalah serius bagi sebagian orang, khususnya para pengguna hijab. 

Menelan benda tajam seperti jarum pentul bisa menyebabkan berbagai komplikasi berbahaya. Berikut adalah beberapa risiko yang dapat terjadi:

1. Luka pada Saluran Pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: