Iklan dempo dalam berita

Wasit Laga Aceh Vs Sulteng Ketar-ketir, Ada Kecurigaan Pengaturan Skor, PSSI Langsung Bertindak

Wasit Laga Aceh Vs Sulteng Ketar-ketir, Ada Kecurigaan Pengaturan Skor, PSSI Langsung Bertindak

PSSI usut dugaan kecurangan pengaturan skor dalam laga Aceh Vs Sulawesi Selatan--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMWasit laga Aceh Vs Sulteng ketar-ketir, banyak yang curiga ada praktik pengaturan skor, ini yang dilakukan Menpora dan PSSI. 

Pertandingan sepakbola antara kesebelasan Sulawesi Tengah (SULTENG) dan Aceh pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024 baru-baru ini menjadi sorotan publik. 

Hal ini lantaran banyak yang curiga kemungkinan adanya praktik pengaturan skor, lantaran kepemimpinan wasit yang dianggap tidak adil dan berpihak kepada Aceh. 

BACA JUGA:Profil Eko Agus Sugiharto, Wasit Kontroversi yang Dipukul Pemain saat Laga di PON XXI Aceh-Sumut

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan bahwa PSSI telah mengirim tim investigasi untuk menyelidiki kontroversi yang melibatkan wasit dalam pertandingan sepak bola antara Aceh dan Sulawesi Tengah (Sulteng) pada PON Aceh-Sumut 2024.

Dikutip dari buku Pendidikan Jasmani Olahraga & Kesehatan karya Drs. Muhajir, M.Ed. (2007: 20), wasit adalah orang yang memimpin pertandingan agar lancar dan menyebarluaskan peraturan dalam permainan.

Dikarenakan tindakan kontroversial tersebut, sang wasit Eko Agus Sugih Harto yang dianggap tidak netral akhirnya mendapat pukulan dari salah satu pemain Sulteng, Muhammad Rizky Saputra.

BACA JUGA:Cara Cek Pencairan Bansos PKH September 2024 Lewat Hp, Siapkan KTP

Menpora Dito menegaskan sanksi yang tegas akan diberlakukan kepada pemain dan wasit yang terlibat dalam insiden tersebut.

“Sanksi wajib diberikan baik wasit dan pemain menurut aturan yang ada, saya koordinasi dengan Ketum PSSI (Erick Thohir), dari PSSI sudah menurunkan tim investigasi untuk segera diberi tindakan tegas,” ujar Dito.

Ketika ditanya apakah investigasi juga akan menyelidiki dugaan keberadaan mafia atau manipulasi hasil pertandingan dalam laga Aceh vs Sulteng, Dito mengonfirmasinya.

Pasalnya, keputusan-keputusan kontroversial yang diambil oleh wasit dalam pertandingan tersebut dinilai menguntungkan tim Aceh. “Termasuk (investigasi untuk dugaan mafia),” imbuhnya.

BACA JUGA:Persiapan Pendaftaran PPPK 2024! Ini Berkas yang Wajib Disiapkan Tenaga Honorer

Sementara itu, Manajer Tim Sepakbola Pekan Olahraga Nasional (PON) Sulawesi Tengah (Sulteng), Susik juga menyampaikan kejanggalan terkait pergantian wasit dalam pertandingan melawan Aceh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: