Iklan dempo dalam berita

30 Tahun Berikan Kenangan, Kenapa McDonald’s Plaza Malioboro Resmi Tutup

30 Tahun Berikan Kenangan, Kenapa McDonald’s Plaza Malioboro Resmi Tutup

Tinggal kenangan, McDonald's Malioboro resmi tutup--

Lebih lanjut, Deddy mengatakan dirinya juga menyayangkan tutupnya McDonald's Malioboro. Terlebih sudah 30 tahun menemani warga Kota Jogja dan pengunjung Malioboro, bahkan bisa dibilang salah satu pionir restoran cepat saji di Malioboro.

"Memang sangat disayangkan tutup tapi kemungkinan kontrak tempat sudah habis dan juga ada hal-hal lain yang harus tutup kita ya memakluminya," katanya.

BACA JUGA:Ingin Berkunjung ke IKN? Begini Cara Daftar Masuk IKN Lewat Aplikasi IKNOW, Gratis!

Meski begitu, Deddy berharap pamitnya McDonald's tidak menghilangkan spirit wisata di Malioboro. Terlebih, Malioboro kini memiliki ikon-ikon beragam lainnya.

"Sentra kuliner di Malioboro juga masih banyak, semoga tidak kehilangan spiritnya. Lalu McDonald's di Jogja juga masih ada di tempat-tempat lainnya," ujarnya.

BACA JUGA:Daftar Crazy Rich Indonesia yang Punya Jet Pribadi, Ini Jenis dan Tipe yang Sering Dipakai

Nah, jika usia gerai McDonald’s di Plaza Malioboro, Yogyakarta sudah 30 tahun, lantas kapan McDonald’s ini masuk ke Indonesia? Berikut ulasannya.

Sejarah McDonald’s Masuk Indonesia

McDonald’s merupakan restoran fast food terbesar di dunia yang diawali pada tahun 1955 di California, Amerika Serikat. 

Dengan produk unggulan berupa Burger bernama BigMac, McDonald’s hingga saat ini telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 negara, salah satunya Indonesia. 

McDonald’s pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1991 dengan membuka restoran pertamanya di Sarinah, Thamrin. 

BACA JUGA:Daftar Crazy Rich Indonesia yang Punya Jet Pribadi, Ini Jenis dan Tipe yang Sering Dipakai

Pada tahun 2009 PT. Rekso Nasional Food (RNF) yang merupakan salah satu anak perusahaan dari Rekso Group menandatangani Master Franchise Agreement dengan McDonald’s International Property Company (MIPCO), dengan skema Developmental License, yang memberikan izin untuk mengoperasikan semua restoran dengan brand McDonald’s dan membuka restoran baru di seluruh Indonesia. 

BACA JUGA:Syarat dan Cara Perpanjangan SKCK Secara Online 2024, Mudah dan Praktis

Dengan adanya skema Developmental License ini, PT. RNF tetap beroperasi sebagai bagian dari Rekso Group tanpa disyaratkan menjadi bagian entitas dari grup McDonald’s Corporation. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: