Iklan RBTV Dalam Berita

8 Rekomendasi Bank Digital Terbaik di Indonesia 2024, Tawarkan Kemudahan dalam Bertransaksi

8 Rekomendasi Bank Digital Terbaik di Indonesia 2024, Tawarkan Kemudahan dalam Bertransaksi

8 Rekomendasi Bank Digital terbaik di Indonesia--ist

4. Digitalisasi Perbankan

Dibandingkan rekening konvensional, nasabah yang menggunakan bank digital bisa mengakses dan mengelola seluruh aktivitas keuangannya secara online. Produk ini biasanya sudah menyediakan beberapa fitur digital, seperti grafik analisis keuangan selama satu bulan, penarikan otomatis dari rekening, notifikasi transaksi, dan masih banyak lagi. 

Kekurangan Bank Digital

Di balik kelebihannya, ada beberapa kekurangan bank digital yang perlu diperhatikan bagi para nasabah, yaitu: 

1. Sering Terjadi Perubahan Regulasi

Produk yang baru dirilis tentunya membutuhkan penyesuaian dan pembaruan terus-menerus. Ditambah lagi jika para penggunanya menyampaikan beberapa keluhan yang harus dijadikan evaluasi. 

Oleh karena itu, tidak jarang produk bank digital kerap kali melakukan perubahan regulasi. Perubahan ini tentunya memengaruhi layanan dan perlindungan data sebagai nasabah. Dengan kata lain, apabila regulasi terus diubah, bagaimana dengan kenyamanan nasabah ke depannya? 

BACA JUGA:Ini Rincian Jumlah Pesaing CPNS Kemenkumham 2024, Jadi Instansi Pelamar CPNS Terbanyak

2. Kemungkinan Kehilangan Data

Sesuai dengan pembahasan sebelumnya, produk ini berbasis digital yang mengandalkan teknologi informasi. Jadi, kemungkinan kehilangan data akibat serangan siber atau tindak kejahatan lainnya pun sangat besar. 

Dampaknya adalah nasabah berpotensi kehilangan data pribadi, catatan transaksi keuangan, dan data penting lainnya. Maka dari itu, tidak heran apabila lembaga perbankan menggunakan sistem keamanan berlapis untuk menjaga keamanan data pribadi nasabahnya. 

3. Ketergantungan pada Jaringan Internet

Terakhir, produk ini sangat bergantung pada jaringan internet untuk bisa mengakses seluruh layanan di aplikasi tersebut. Jika koneksi kurang stabil, aplikasi tidak bisa merespons dan nasabah tidak dapat melakukan aktivitas keuangan. Tentu hal ini cukup mengganggu kenyamanan, bukan? 

 

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: