Iklan RBTV Dalam Berita

Profil Egianus Kogoya, Pimpinan TPNPB-OPM yang Bakar dan Sandera Pilot Susi Air

Profil Egianus Kogoya, Pimpinan TPNPB-OPM yang Bakar dan Sandera Pilot Susi Air

Profil Egianus Kogoya--

BACA JUGA:Hasil Pleno, KPU Bengkulu Tengah Tetapkan 88.424 Jumlah DPT untuk Pilkada 2024

4. Penyerangan di Distrik Mugi (2019)

Pada Maret 2019, kelompok Egianus menyerang Distrik Mugi, yang mengakibatkan tiga anggota TNI gugur. Penyerangan ini semakin memperkuat reputasi Egianus sebagai salah satu pimpinan KKB paling berbahaya di Papua.

5. Penyerangan Rombongan TNI di Danau Haberna (2019)

Pada 23 Agustus 2019, Egianus dan pasukannya melakukan serangan terhadap rombongan TNI di Danau Haberna. Dalam serangan ini, dua prajurit gugur.

BACA JUGA:Anda Memiliki Unyeng-unyeng di Bagian Depan? Hati-hati, Ada Kepercayaan Seperti Ini

6. Pembakaran Pesawat Susi Air (2023)

Aksi pembakaran pesawat Susi Air dan penyanderaan pilot Philip Mark Mehrtens pada Februari 2023 merupakan salah satu aksi terbesar yang dilakukan Egianus Kogoya. Aksi ini memicu reaksi keras
dari pemerintah Indonesia dan Selandia Baru, yang terus berupaya mencari solusi untuk membebaskan sandera.

Jejak Kekejaman Egianus Kogoya

Sejak 2017, Egianus dan kelompoknya telah melakukan sedikitnya 65 aksi kekerasan. Dari jumlah tersebut, sebanyak 31 aksi adalah penembakan, 16 aksi adalah adu tembak, 8 aksi penyerangan, dan 3 aksi pembantaian.

Selain itu, Egianus juga tercatat melakukan 2 aksi pembakaran, 1 aksi pembunuhan, 1 aksi pemerkosaan, 1 aksi penganiayaan, 1 aksi pengancaman, dan 1 aksi penyanderaan.

Meskipun tindakannya dipandang sebagai bentuk perjuangan kemerdekaan oleh sebagian kalangan di Papua, banyak pula yang menganggap Egianus sebagai ancaman besar bagi keamanan di wilayah tersebut. Aksi-aksinya tidak hanya menargetkan aparat keamanan, tetapi juga warga sipil yang sering kali menjadi korban kekerasan.

BACA JUGA:Bawaslu Lebong Telusuri Video ASN yang Diduga Langgar Netralitas, Terekam Ikuti Slogan Kandidat

Egianus Kogoya dalam Perspektif Papua dan Indonesia

Bagi sebagian masyarakat Papua, terutama yang mendukung gerakan kemerdekaan, Egianus dianggap sebagai pejuang yang berani melawan ketidakadilan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: