Iklan RBTV Dalam Berita

Tak Perlu ke Dealer, Begini Cara Setting Jam Motor Nmax di Speedometer Digital

Tak Perlu ke Dealer, Begini Cara Setting Jam Motor Nmax di Speedometer Digital

Cara Setting Jam Motor Nmax di Speedometer Digital--

Speedometer analog memiliki tampilan mirip jarum jam yang akan berputar menunjukan angka kecepatan ketika melaju.

BACA JUGA:Jabatan 98 Kades dan 550 BPD Kepahiang Diperpanjang, Bupati Sampaikan Atensi Khusus Jelang Pilkada

Cara kerjanya ada 2 tipe, diantaranya dengan cara yang sederhana yaitu input kecepatan dihasilkan dari komponen gearbox yang berputar sesuai putaran roda depan yang kemudian disalurkan ke panel speedometer yang diputar secara manual menggunakan kabel sling.

Model tersebut sudah lama tidak digunakan lagi, karena pada produk sepeda motor Honda terbaru walaupun masih menggunakan panel speedometer dengan penunjuk jarum analog tapi inputnya di hasilkan dari sensor putaran di bagian mesin.

BACA JUGA:Kisah Alfin Dwi Novemyanto, Anak Pemulung yang Sukses Kuliah hingga S2 di UGM

2. Panel speedometer digital

Untuk speedometer digital, input kecepatan bersumber dari sensor putaran mesin. Namun ditunjukan dalam angka digital dalam layar digital. Ada 2 jenis layar digital yang saat ini digunakan, di antaranya:

- Layar speedometer LCD

Panel speedometer dengan layar Liquid Crystal Display atau LCD sangat umum digunakan pada produk sepeda motor keluaran terbaru. Hadir dengan layar monochrome yang menampilkan angka speedometer secara digital.

Tak hanya menampilkan angka kecepatan, layar LCD pada speedometer digital juga menunjang fitur yang lebih lengkap yakni bisa menampilkan beragam macam indikator seperti konsumsi bahan bakar rata-rata, informasi jarak tempuh yang bisa diatur, indikator penggantian oli, jam digital hingga suhu.

BACA JUGA:Jadi Favorit Konsumen, Ini 5 Motor Matic Terlaris di Indonesia 2024, Motor Kamu Termasuk?

- Layar speedoemeter TFT

Seiring dengan perkembangan jaman, inovasi terus dilakukan. Saat ini teknologi panel speedometer pun berkembang dan semakin canggih salah satunya dengan menggunakan model layar Thin Film Transistor atau TFT display.

Seperti layaknya smartphone, layar speedometer TFT memiliki tampilan yang berwarna sehingga terkesan lebih modern dan futuristik. Informasi yang ditampilkan pun lebih lengkap termasuk dari segi entertainment.

Bahkan di beberapa model bisa mendukung konektifitas smartphone menggunakan aplikasi.
Itulah mengenai cara setting jam motor Nmax di speedometer digital. Semoga dapat membantu ya.

Putri Nurhidayati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: