Iklan RBTV Dalam Berita

Ini 25 Nama Rasul yang Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadits, Pahami Tugasnya

Ini 25 Nama Rasul yang Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadits, Pahami Tugasnya

25 Nama Rasul --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Ini 25 nama rasul yang disebutkan dalam Al-Quran dan hadits, pahami tugasnya.

Beriman kepada nabi dan rasul merupakan salah satu rukun dalam Islam, karena nabi dan rasul adalah manusia pilihan Allah SWT yang menjadi teladan untuk manusia beriman dan bertakwa.

BACA JUGA:Pelajar SMP Duel Bersih, Masyarakat Ini Bukannya Melerai, Malah Merekam dan Menonton

Nabi diartikan sebagai orang yang menerima wahyu dari Allah SWT untuk dirinya sendiri dan tidak disampaikan kepada umatnya.

Wahyu yang didapatnya tersebut kemudian hanya diamalkan oleh dirinya sendiri dan tidak ada kewajiban menyampaikan kepada umat atau kaumnya.

Sedangkan rasul adalah seseorang yang menerima wahyu Allah SWT yang kemudian diamalkan dan disampaikan kepada umatnya. Rasul sudah pasti seorang nabi juga.

BACA JUGA:M. Rizon Resmi Pjs Bupati Mukomuko, Rabu Ini Mulai Berkantor hingga Masa Pemungutan Suara Tuntas

Jika menyebut jumlah nabi sangat banyak, mencapai ratusan ribu. Dalam Hadits sahih riwayat At-Turmuzy disebutkan, jumlah nabi mencapai 124 ribu orang.

Dari jumlah nabi itu, 315 di antarnya diangkat juga sebagai Rasulullah atau utusan Allah. Akan tetapi, umat muslim hanya diwajibkan untuk mengetahui 25 nabi atau rasul saja.

Dalam Islam, jumlah rasul yang wajib diketahui adalah 25. Ini adalah bagian dari rukun iman, yaitu beriman kepada para nabi dan rasul. Nama-nama rasul ini disebutkan dalam Al-Quran dan hadits, dan mereka adalah utusan Allah yang membawa risalah untuk umat manusia.

BACA JUGA:M. Rizon Resmi Pjs Bupati Mukomuko, Rabu Ini Mulai Berkantor hingga Masa Pemungutan Suara Tuntas

Daftar 25 Nabi dan Rasul

Nama-nama dari 25 nabi dan rasul ini berasal langsung dari alquran dan disebut dalil naqli. Nama nama nabis dan rasul ini dengan jelas disebut dalam ayat ayat yang menceritakan kisah kisah nabis dan rasul.

Berikut nama-nama nabi yang wajib diketahui oleh umat muslim:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: