Iklan RBTV Dalam Berita

Ini 25 Nama Rasul yang Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadits, Pahami Tugasnya

Ini 25 Nama Rasul yang Disebutkan dalam Al-Quran dan Hadits, Pahami Tugasnya

25 Nama Rasul --

1. Nabi Adam as

Nabi Adam as ('alaihis salam) merupakan manusia serta khalifah pertama yang diciptakan Allah SWT dari segumpal tanah.


إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ آدَمَ وَنُوحًا وَآلَ إِبْرَاهِيمَ وَآلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعَالَمِينَ

“Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga 'Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing” (QS Ali Imran:33)

BACA JUGA:Duh! Warga Ini Nekat Bikin Garasi Mobil Setinggi 3 Meter di Jalan Umum

2. Nabi Idris as

Nabi Idris As merupakan keturunan keenam Nabi Adam As, dan beliau merupakan nabi pertama yang diangkat Allah SWT dari garis keturunan Nabi Adam.


وَإِسْمَاعِيلَ وَإِدْرِيسَ وَذَا الْكِفْلِ ۖ كُلٌّ مِنَ الصَّابِرِينَ

“Dan (ingatlah kisah) Ismail, Idris dan Dzulkifli. Semua mereka termasuk orang-orang yang sabar” (QS Al-Anbiyaa’:85).

3. Nabi Nuh as

Nabi Nuh as diberikan beberapa mukjizat. Satu di antaranya membuat bahtera besar untuk menyelamatkan kaumnya dan kehidupan binatang dari banjir bandang.


وَوَهَبْنَا لَهُ إِسْحَاقَ وَيَعْقُوبَ ۚ كُلًّا هَدَيْنَا ۚ وَنُوحًا هَدَيْنَا مِنْ قَبْلُ ۖ وَمِنْ ذُرِّيَّتِهِ دَاوُودَ وَسُلَيْمَانَ وَأَيُّوبَ وَيُوسُفَ وَمُوسَىٰ وَهَارُونَ ۚ وَكَذَٰلِكَ نَجْزِي الْمُحْسِنِينَ

“Dan Kami telah menganugerahkan Ishak dan Ya'qub kepadanya. Kepada keduanya masing-masing telah Kami beri petunjuk; dan kepada Nuh sebelum itu (juga) telah Kami beri petunjuk, dan kepada sebahagian dari keturunannya (Nuh) yaitu Daud, Sulaiman, Ayyub, Yusuf, Musa dan Harun. Demikianlah Kami memberi balasan kepada orang-orang yang berbuat baik.” (QS Al An’am:84).

BACA JUGA:8 Cara Mengecek Odometer Mobil Asli atau Palsu, Supaya Tidak Termanipulasi Kilometer Rendah

4. Nabi Hud as

Nabi Hud As diutus untuk mengajak kaum Aad berhenti menuhankan atau menyembah berhala. Nabi Hud mengajak kaum Aad untuk menyembah kepada Allah.


وَإِلَىٰ عَادٍ أَخَاهُمْ هُودًا ۚ قَالَ يَا قَوْمِ اعْبُدُوا اللَّهَ مَا لَكُمْ مِنْ إِلَٰهٍ غَيْرُهُ ۖ إِنْ أَنْتُمْ إِلَّا مُفْتَرُونَ

“Dan kepada kaum 'Ad (Kami utus) saudara mereka, Huud. Ia berkata: "Hai kaumku, sembahlah Allah, sekali-kali tidak ada bagimu Tuhan selain Dia. Kamu hanyalah mengada-adakan saja.” (QS Hud: 50).

5. Nabi Saleh as

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: