Iklan RBTV Dalam Berita

Ini 5 Aplikasi Cek Odometer Mobil Terbaik untuk Petunjuk Jarak Tempuh Terakurat

Ini 5 Aplikasi Cek Odometer Mobil Terbaik untuk Petunjuk Jarak Tempuh Terakurat

Aplikasi mengecek odometer--

BACA JUGA:Beda dengan Biaya Rumahan, Segini Besaran Tarif Isi Baterai Mobil Listrik di SPKLU

Jenis-jenis Odometer

Tidak hanya digunakan untuk menunjukkan jarak tempuh kendaraan saja, fungsi odometer juga biasa digunakan sebagai indikator service berkala. Berdasarkan cara kerjanya, odometer dibagi menjadi dua macam yakni mekanik atau analog dan elektronik. Berikut penjelasan lengkapnya.

- Odometer Mekanik

Jenis odometer yang satu ini menonjolkan bundaran yang dapat bergerak secara mekanis. Diputar menggunakan kabel fleksibel yang terbuat dari bahan berupa logam panjang. Bagian ini dapat berputar seiring dengan bertambahnya perjalanan.

Sifat dari odometer mekanik adalah rewindable. Arti dari sifat rewindable adalah ketika mobil berjalan maju atau mundur, maka odometer akan menghitungnya berdasarkan pada pengaruh gir dan gigi.

- Odometer Elektronik

Jenis odometer elektronik ini sudah menunjukkan angka-angkanya pada bagian panel yang tersedia. 

Sistem ini menggunakan komputer untuk menghitung tegangan yang terjadi. Nantinya, hasil penghitungan ini akan dijadikan acuan untuk menghitung jarak tempuh dari suatu kendaraan.

Agar kinerja odometer ini semakin optimal, salah satu dari frame roda kendaraan ditempelkan magnet khusus. Magnet ini berfungsi memberi sinyal guna menghitung jarak yang ditempuh oleh kendaraan saat roda berputar.

BACA JUGA:Uang Muka Rp50 Jutaan, Ini Simulasi Kredit Mobil Listrik Wuling Binguo EV, Tenor 60 Bulan

Cara Cek Keaslian Odometer

Berikut cara mengetahui bagaimana mengecek keaslian odometer dari kendaraan bekas. Berikut ulasannya.

1. Mengamati Fisik Kendaraan

Pertama, Anda perlu melihat bagaimana kondisi fisik dari mobil tersebut. Kondisi fisik dari kendaraan bekas dan baru jelas berbeda cukup jauh, terlebih untuk kendaraan yang sudah cukup berusia.

Anda bisa mengamati bagian-bagian yang kemungkinan besar akan terdampak oleh faktor usia seperti interior, mesin, bodi utama, dan kaki-kaki mobil. Sebagai contoh, di bagian interior kendaraan bekas yang sudah lama biasanya sudah tidak sejernih kendaraan yang masih cukup baru.

Nah, disini, jika interiornya sudah usang dan angka jarak tempuh di odometernya masih sangat sedikit, mungkin Anda perlu mempertanyakannya.

BACA JUGA:Mobil SUV Terlaris Nomor 4, Ini Simulasi Kredit Toyota Raize 2024 Uang Muka Rp30 Juta Tenor 5 Tahun

2. Memperhatikan Kondisi Ban

Saat akan membeli kendaraan bekas, cobalah untuk melihat bagian bannya guna memastikan apakah masih baik-baik saja atau sudah mulai terkikis. Dalam jual beli mobil, banyak penjual yang lebih memilih untuk membiarkan ban dan velg mobilnya begitu saja.

Hal ini dikarenakan mengganti kedua bagian ini akan memakan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu, periksalah bagian ban kendaraan sebelum memutuskan untuk membelinya. Umumnya, ban akan mulai terkikis saat mobil sudah menempuh jarak 35 ribu kilometer lebih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: