Iklan RBTV Dalam Berita

Tak Banyak Dihuni, Ini 9 Daftar Kota Tersepi di Indonesia, Tertarik Buat Berkunjung?

Tak Banyak Dihuni, Ini 9 Daftar Kota Tersepi di Indonesia, Tertarik Buat Berkunjung?

Kota tersepi di Indonesia--ist

Kota ini termasuk kota yang terluas di Indonesia dengan luas mencapai 2.400 km2, meski ada yang mengatakan 2.853 km2. Jumlah penduduknya adalah 302.310 jiwa menurut data BPS pada 2023. 

Kepadatan penduduk ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah ini hanya sekitar 110 orang per km2. pastinya penduduk masih jarang ya. 

Kota Palangka Raya sempat diproyeksikan menjadi ibu kota negara pada era pemerintahan Presiden Soekarno, tetapi memang tidak terwujud. 

Kota ini dilewati oleh Sungai Kahayan yang memiliki panjang 600 km dan bermuara di Laut Jawa. Sayangnya, Kahayan tidak termasuk sungai terpanjang di Indonesia. 

3. Dumai (Riau)

Kota ini mempunyai luas hingga 1.727 km2 dengan jumlah penduduk tercatat mencapai 331.832 orang menurut data BPS pada beberapa tahun lalu tepatnya 2022. 

Tingkat kepadatan penduduk kota ini hanya 190 orang per km2. Jumlah yang sedikit untuk kota yang dikenal dengan industri minyak. 

Dumai berjarak kurang lebih 201 km dari ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru. Lokasi Dumai berada di tepi pantai yang menghadap ke Selat Malaka. 

Kota ini merupakan daerah hasil pemekaran wilayah Kabupaten Bengkalis pada 1999. Dumai juga dilewati sejumlah sungai. 

BACA JUGA:Termahal di ASEAN, Presiden Jokowi Beberkan Penyebab Harga Beras di Indonesia Mahal

4. Tidore Kepulauan (Maluku Utara)

Untuk luas kota Tidore mencapai 1.550,37 km dengan jumlah penduduk 114.406 orang menurut data BPS pada 2021. 

Kepadatan penduduk kota ini hanya 88 orang per km2. Tentunya sangat sepi bagi kamu yang tinggal di kawasan padat penduduk di Jakarta. 

Kota Tidore Kepulauan ini berada di Pulau Halmahera, salah satu pulau terbesar yang masuk ke dalam gugusan Kepulauan Maluku.

Maluku Utara merupakan daerah hasil pemekaran wilayah dari Provinsi Maluku pada 1999. Ibu kota provinsi berada di Kota Sofifi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: