Iklan RBTV Dalam Berita

Siap Gantikan Pertalite, Apakah Pertamax Green 92 Termasuk BBM Subsidi? Cek Harganya

Siap Gantikan Pertalite, Apakah Pertamax Green 92 Termasuk BBM Subsidi? Cek Harganya

Pertamax Green 92 --

Pertamax Green 95 pertama kali dijual 24 Juli 2023 lalu seharga Rp13.500 per liter, memasuki Agustus Rp15.000 per liter, dan Oktober kembali naik Rp16.000 per liter, lalu 2024 turun menjadi Rp13.900 per liter, dan sekarang Rp13.650 per liter.

Jika dilihat dari banderolan haranya tersebut, artinya dengan selisuh 3 oktan lebih rendah, diduga Pertamina akan menjual Pertamax Green 92 di range Rp12 ribuan, namun belum ada kabar resmi terkait BBM baru tersebut.

BACA JUGA:Pertamax Green 92 Bakal Jadi Pengganti Pertalite, Cek Harga dan Keunggulannya

Tanggapan Direktur Utama PT Pertamina

Direktur Utama PT Pertamina Nicke mengatakan harga Pertamax Green 92 diperkirakan akan masuk kategori Jenis BBM Tertentu (JBT) atau BBM bersubsidi dan Jenis BBM Khusus Penugasan (JBKP).

"Ketika ini menjadi program pemerintah, Pertamax Green 92, harganya tentu regulated, tidak mungkin yang namanya JBKP harganya diserahkan ke pasar, karena ada mekanisme subsidi atau kompensasi di dalamnya," katanya.

Nicke menjelaskan rencana tersebut bagian dari Program Langit Biru tahap kedua. Menurutnya, kualitas Pertamax Green 92 lebih baik dibanding Pertalite.

"Kalau misalnya harga sama tetapi masyarakat mendapatkan (BBM) lebih baik dengan octan number lebih baik, sehingga untuk mesin juga lebih baik sekaligus emisinya menurun. Why not?," ungkapnya.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele, Ini 3 Fitur Sederhana Motor Honda untuk Keselamatan Berkendara

Jika rencana diterapkan, maka tahun depan Pertamina hanya akan menjual tiga produk BBM. Satu di antaranya, Pertamax Green 92 yang mencampur RON 90 dengan 7 persen etanol.

"Kedua Pertamax Green 95 mencampur Pertamax dengan 8% etanoldan ketiga Pertamax Turbo. Jadi ada dua green gasoline, green energy, low carbon yang akan menjadi produk Pertamina," papar Nicke.

Meski begitu, Nicke menegaskan keputusan penggantian Pertalite menjadi Pertamax Green 92 ada di tangan pemerintah. Ia menyebut pergantian tersebut hasil kajian internal Pertamina yang akan diusulkan ke pemerintah.

"Implementasinya tentu menjadi ranah pemerintah untuk memutuskan. Jadi, 2024 mohon dukungannya kami akan mengeluarkan lagi yang disebut Pertamax Green 92, sebetulnya ini Pertalitedicampur dengan etanol, naik oktannya dari 90 ke 92," pungkasnya.

Itulah mengenai apakah Pertamax Green 92 termasuk subsidi apa tidak dan kisaran harganya.

BACA JUGA:Jangan Dianggap Sepele, Ini 3 Fitur Sederhana Motor Honda untuk Keselamatan Berkendara

Sebagai informasi, tambahan berikut bedanya Pertalite dengan Pertamax Green 92:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: