Iklan RBTV Dalam Berita

Besok 1 Oktober, Pembelian BBM Subsidi Mulai Diberlakukan? Ini Cara agar Tetap Bisa Beli Pertalite

Besok 1 Oktober, Pembelian BBM Subsidi Mulai Diberlakukan? Ini Cara agar Tetap Bisa Beli Pertalite

Rencana pembatasan BBM subsidi per 1 Oktober 2024--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMBesok 1 Oktober, pembelian BBM subsidi mulai diberlakukan? Ini cara agar tetap bisa beli pertalite.

Sejak beberapa waktu lalu beredar kabar pemerintah akan memberlakukan pembatasan pembelian BBM subsidi per 1 Oktober 2024.

Untuk informasi, BBM subsidi adalah BBM yang diberikan subsidi oleh Pemerintah menggunakan dana APBN yang dijual dengan lebih murah. 

BBM subsidi memiliki jumlah yang terbatas sesuai kuota yang ditetapkan Pemerintah dan hanya diperuntukkan untuk konsumen tertentu. Jenis BBM yang termasuk BBM bersubsidi adalah Biosolar dan Pertalite.

BACA JUGA:Ada Gunung Bertelur di China Jadi Fenomena Unik, Ini Penjelasanya

Apakah benar 1 Oktober besok mulai diberlakukan pembatasan pembelian BBM subsidi? Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik, dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agus Cahyono Adi mengatakan, pihaknya memang masih mendalami rencana itu. 

Sebab dibutuhkan mekanisme yang tepat agar pada saat eksekusi di lapangan nantinya dapat berjalan dengan rapi.

"Ya, kita masih didalami, sedang didalami, untuk melihat bahwa seperti apa sih tujuan pemerintah. Kan agar BBM ini diterima oleh yang berhak sesuai dengan kebutuhannya. Untuk menuju ke sana, sedang mencari mekanisme yang pas, biar rapi lah di lapangan," kata Agus Cahyono Adi, Jumat (27/9/2024).

BACA JUGA:Bumi Alami Fenomena Bulan Kembar, Apakah Berbahaya? Ini Penjelasannya

Namun, saat dikonfirmasi apakah kebijakan itu akan terealisasi di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat ini atau Prabowo Subianto nantinya, Agus tak bisa memastikan. Yang jelas, Agus menambahkan jika pemerintah ingin menjamin bahwa penyaluran BBM sesuai dengan peruntukannya.

Diektahui juga bahwa sebelumnya, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia juga sempat mengatakan jika pengaturan BBM subsidi masih dalam pembahasan. Ia mengatakan jika aturan yang dikeluarkan nantinya akan mencerminkan keadilan.

"Gini, untuk BBM subsidi sampai sekarang kita masih bahas ya. Masih bahas agar betul-betul aturan yang dikeluarkan itu mencerminkan keadilan," katanya, Jumat (20/9/2024).

Saat ditanya apakah pengaturan dilakukan 1 Oktober, Bahlil memiliki firasat belum dilakukan. "Feeling saya, belum," katanya.

BACA JUGA:Polisi Amankan Puluhan Remaja Diduga 'Geng Motor' Yang Meresahkan Warga Kota Bengkulu

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: