Iklan RBTV Dalam Berita

Cek, Daftar 5 Negara Penghasil Bauksit Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Cek, Daftar 5 Negara Penghasil Bauksit Terbesar di Dunia, Ada Indonesia?

Negara Penghasil Bauksit Terbesar di Dunia--

BACA JUGA:Gaji ASN Pemkab Rejang Lebong Terlambat, Ini Kata Pjs Bupati

Manfaat Bauksit

Berikut ini sejumlah manfaat bauksit untuk kehidupan manusia sehari-hari, dihimpun dari berbagai sumber:

1. Bahan dasar aluminium

Melansir laman Sciencedirect, bauksit bermanfaat sebagai bahan dasar pembuatan aluminium. Namun untuk bisa berbentuk seperti aluminium harus dilakukan pemurnian terlebih dahulu dengan menggunakan proses bayer.

Proses ini dilakukan dengan cara mencuci bauksit dalam larutan yang sangat panas sehingga kandungan aluminiumnya terlepas dengan sendirinya. Setelah itu, bauksit dapat digunakan untuk membuat peralatan dapur hingga perkakas rumah.

BACA JUGA:Gaji ASN Pemkab Rejang Lebong Terlambat, Ini Kata Pjs Bupati

2. Bahan penutup retakan

Manfaat bauksit selanjutnya adalah sebagai bahan penutup retakan. Bauksit merupakan bahan yang mudah patah, tetapi tidak dapat larut dalam air. Selain air, bauksit juga tahan api sehingga sangat berguna dijadikan sebagai bahan bangunan sebab tidak mudah terbakar.

Inilah yang membuat bauksit sering digunakan sebagai bahan penutup pada retakan-retakan bangunan. Bauksit dapat digunakan sebagai bahan penutup retakan bangunan yang berukuran besar seperti waduk, jembatan, dan lainnya.

3. Bahan baku pembuatan besi dan baja

Melansir laman Badan Penelitian dan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral Indonesia, limbah dari bauksit juga dapat dimanfaatkan menjadi campuran pada pembuatan besi dan baja.

Namun, diperlukan proses yang tidak sebentar untuk membuatnya. Residu harus dicairkan atau dilelehkan terlebih dahulu, baru kemudian dicampur dengan material lainnya dan dicetak.

BACA JUGA:Sejoli di Arga Makmur Digerebek di Kontrakan Dikenakan Sanksi Adat, Ini Kata Lurah

4. Bahan pembuatan keramik

Selanjutnya, bauksit juga dapat digunakan pada pembuatan keramik. Keramik yang digunakan sebagai campuran bauksit biasanya adalah keramik yang digunakan untuk teras dan kamar mandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: