Iklan RBTV Dalam Berita

Penyakit Mematikan! Kenali Ini Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD)

Penyakit Mematikan! Kenali Ini Gejala Demam Berdarah Dengue (DBD)

Waspadai gejala demam berdarah--

Anak-anak atau orang dewasa yang terinfeksi biasanya menunjukkan tanda-tanda kecemasan dan kelemahan yang ekstrem. Perasaan gelisah ini sering kali disertai dengan kehilangan energi dan semangat untuk beraktivitas.

4. Feses Hitam atau Muntah Darah  

Jika Anda atau anak Anda mengalami feses yang berwarna hitam atau muntah darah, ini adalah tanda bahwa DBD telah menyebabkan perdarahan di dalam saluran pencernaan. Ini adalah gejala serius yang memerlukan perhatian medis segera.

BACA JUGA:Minibus Masuk Siring dan Terbakar di Samping Kantor Kemenag Mukomuko, Begini Kronologisnya

5. Sesak Napas  

Sesak napas dapat terjadi sebagai akibat dari penumpukan cairan di paru-paru. Hal ini sering kali menunjukkan bahwa infeksi telah menyebar dan mempengaruhi sistem pernapasan.

6. Penurunan Kesadaran  

Penurunan kesadaran adalah gejala kritis yang menandakan bahwa DBD telah mempengaruhi fungsi otak. Penderita mungkin mengalami kebingungan atau bahkan tidak responsif terhadap rangsangan dari lingkungan.

BACA JUGA:Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, Jadwal Pertandingan Bahrain Vs Timnas Indonesia

7. Hasil Laboratorium  

Pemeriksaan laboratorium sering kali menunjukkan peningkatan hematokrit atau hemokonsentrasi lebih dari 20% dari nilai awal, bersamaan dengan penurunan cepat jumlah trombosit di bawah 100.000 per mikroliter. 

Ini merupakan indikator bahwa DBD telah menyebabkan masalah serius dalam sirkulasi darah.

8. Hasil Foto Rontgen  

Dalam beberapa kasus, hasil foto rontgen menunjukkan adanya penumpukan cairan di paru-paru, yang bisa mengindikasikan komplikasi lebih lanjut akibat infeksi.

Langkah-langkah Pencegahan DBD

Untuk mengurangi risiko terkena DBD, Anda bisa melakukan beberapa langkah pencegahan yang sederhana namun efektif:

BACA JUGA:Waspadai! Ini 9 Tanda Demam Berdarah Pada Bayi, Begini Cara Tepat Menanganinya

1. Menguras, Menutup, dan Menimbun Barang-barang  

Pastikan untuk menguras atau menutup tempat-tempat yang dapat menampung air, seperti ember, vas bunga, atau talang air. Genangan air adalah tempat yang ideal bagi nyamuk untuk berkembang biak.

2. Menggunakan Kelambu saat Tidur  

Tidur dengan kelambu bisa sangat membantu dalam mencegah gigitan nyamuk, terutama bagi anak-anak dan wanita hamil yang lebih rentan terhadap infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: