Iklan dempo dalam berita

Profil Papua Nugini, Negara yang Memiliki 841 Bahasa Tradisional Terbanyak di Dunia

Profil Papua Nugini, Negara yang Memiliki 841 Bahasa Tradisional Terbanyak di Dunia

papua nugini--

BACA JUGA:Mereka yang Punya Tahun Kelahiran Berikut Diminta Hati-hati, Ramalan Shio Kurang Menguntungkan

Bagian non-Melanesia dari populasi Papua Nugini, termasuk ekspatriat dan imigran, sangat kecil. Saat merdeka pada tahun 1975, komunitas ekspatriat sekitar 50.000 orang didominasi oleh orang Australia, dengan mungkin 10.000 orang keturunan Tionghoa yang datang sebelum Perang Dunia I. Pada awal abad ke-21, sebagian besar orang tersebut telah pindah ke Australia.

 

Komunitas pendatang asing di Papua Nugini tidak berkembang tetapi menjadi lebih beragam, dengan hanya sekitar 7.000 orang Australia. 

 

Kelompok non-Barat terbesar berasal dari Tiongkok dan Filipina. Pemerintah mensponsori imigrasi orang Filipina pada tahun 1970-an untuk menyediakan tenaga kerja di bidang profesi terampil, dan banyak dari mereka yang masuk bisnis dan menikah secara lokal. Namun, masuknya imigran ilegal lainnya, terutama dari Tiongkok, menjadi perhatian terus-menerus pemerintah pada awal abad ke-21.

 

Bahasa di Papua Nugini

 

Bahasa resmi di Papua Nugini mencerminkan sejarah kolonialnya. Bahasa Inggris adalah bahasa utama pemerintahan dan perdagangan. Namun, dalam sebagian besar konteks sehari-hari, bahasa yang paling banyak digunakan adalah Tok Pisin ("Bahasa Pidgin"; juga disebut sebagai Bahasa Pidgin Melanesia atau Neo-Melanesian), sebuah kreol yang menggabungkan elemen tata bahasa dari bahasa asli, beberapa bahasa Jerman, dan semakin banyak bahasa Inggris.

 

Selain itu, Hiri Motu adalah bahasa dagang yang disederhanakan yang awalnya digunakan oleh orang-orang yang tinggal di sekitar apa yang sekarang disebut Port Moresby ketika wilayah itu diberi nama pada tahun 1884. Di samping bahasa resmi, terdapat lebih dari 800 bahasa asli yang berbeda di Papua Nugini.

 

Bahasa-bahasa ini termasuk ke dalam dua kelompok bahasa yang sangat berbeda: kelompok bahasa Austronesia yang termasuk bahasa lokal yang tergolong sebagai bahasa Melanesia, dan kelompok bahasa non-Austronesia atau Papua. Ada sekitar 200 bahasa Austronesia yang terkait dengan Papua Nugini.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: