Iklan RBTV Dalam Berita

Katanya Minum Tuak Dapat Bermanfaat untuk Lambung, Benarkah? Begini Faktanya

Katanya Minum Tuak Dapat Bermanfaat untuk Lambung, Benarkah? Begini Faktanya

Fakta manfaat tuak untuk lambung--

Mengutip Journal of Zhejiang University Science B, konsumsi alkohol diketahui dapat menyebabkan kerusakan pada mukosa esofagus.

Zat asetaldehid yang dihasilkan dari metabolisme alkohol juga bersifat beracun dan dapat mempengaruhi fungsi kerongkongan serta lambung.

BACA JUGA:Mengenal Tuak Beras Dalam Tradisi Suku Dayak, Ini Manfaatnya untuk Kesehatan

Dalam konteks ini, disfungsi pada Lower Esophageal Sphincter (LES), peristaltik esofagus, hingga sekresi asam lambung yang abnormal bisa berperan dalam gangguan gastroesophageal reflux disease (GERD) yang terkait dengan konsumsi alkohol.

Dengan mempertimbangkan fakta-fakta di atas, tampak jelas bahwa meskipun tuak dapat menawarkan beberapa manfaat, risikonya jauh lebih besar, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat masalah lambung. 

BACA JUGA:5 Manfaat Tuak Lontar untuk Kesehatan, Nomor 2 Belum Banyak yang Tahu

Tidak hanya tuak, tetapi juga sejumlah makanan dan minuman lain diketahui dapat memicu penyakit asam lambung. Di antara pemicu tersebut, ada beberapa yang patut diperhatikan.

Penyebab Penyakit Asam Lambung

1. Buah dan Sayur yang Asam

Salah satu penyebab umum penyakit asam lambung, selain alkohol, adalah konsumsi buah dan sayur yang bersifat asam.

Buah seperti jeruk dan nanas, serta sayuran seperti tomat, memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. 

Jika dikonsumsi saat perut kosong, makanan ini dapat memicu peningkatan asam lambung yang dapat memperburuk gejala penyakit asam lambung.

BACA JUGA:Mengenal 4 Manfaat Tuak Kelapa untuk Kesehatan, Begini Proses Pembuatannya

2. Kopi

Kopi adalah minuman lain yang sering kali memicu masalah asam lambung. Selain sifat asamnya, kopi juga dapat merangsang produksi asam lambung.

Hal ini dapat menyebabkan rasa tidak nyaman di perut, terutama bagi mereka yang sudah memiliki riwayat penyakit lambung.

BACA JUGA:Berbahan Dasar Air Nira, Ini Sederet Manfaat Tuak untuk Penderita Asam Lambung?

3. Makanan dan Minuman Bergas

Makanan dan minuman yang mengandung gas juga dapat menjadi pemicu masalah asam lambung. Contoh-contoh makanan ini termasuk sayuran seperti sawi, serta buah-buahan seperti nangka dan pisang ambon. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: