Iklan RBTV Dalam Berita

Kapan Musim Hujan di Gresik Tiba? Ini Ramalan Cuaca BMKG

Kapan Musim Hujan di Gresik Tiba? Ini Ramalan Cuaca BMKG

Prediksi Cuaca BMKG--

Nah, itu tadi prediksi kapan hujan akan tiba di Kabupaten Gresik dan sekitarnya. Sementara itu, untuk mempersiapkan musim hujan penting mengetahui tipe-tipe musim hujan dan sejumlah tipsnya berikut.

BACA JUGA:Ramalan Cuaca BMKG, Musim Hujan Indonesia Oktober 2024

Tipe Curah Hujan

Mengutip jurnal berjudul Karakter Curah Hujan di Indonesia oleh Tukidi, umumnya Indonesia mempunyai tiga tipe curah hujan, di antaranya sebagai berikut:

1. Tipe Ekuatorial

Proses terjadinya tipe curah hujan ini berkaitan dengan pergerakan zona konvergensi ke utara dan selatan. Ciri-cirinya dua kali maksimum curah hujan bulanan dalam setahun. Wilayah sebarannya berada di Sumatera dan Kalimantan.

BACA JUGA:Sempat Hilang Sepekan, Bocah Laki-laki 4 Tahun Ditemukan Tewas Membusuk di Bawah Gardu Listrik

2. Tipe Monsun

Tipe curah hujan dipengaruhi angin laut dalam skala yang sangat luas. Ciri-cirinya memiliki perbedaan yang jelas antara periode musim hujan dan kemarau dalam setahun.

Serta terjadi satu kali maksimum curah hujan bulanan dalam setahun. Wilayah sebarannya berada di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara.

3. Tipe Lokal

Ciri-ciri tipe curah hujan ini dipengaruhi kondisi lingkungan fisis setempat, seperti bentang perairan atau lautan, memiliki pegunungan yang tinggi, dan pemanasan lokal yang intensif. Di mana pola ini dapat terjadi satu kali maksimum curah hujan bulanan dalam waktu satu tahun.

Serta terjadi beberapa bulan kering yang bertepatan dengan bertiupnya angin Muson Barat. Wilayah sebarannya berada di Papua, Maluku, dan sebagian Sulawesi.

BACA JUGA:Apa Itu Bencana Hidrometeorologi? Beberapa Wilayah Status Wadpada Terdampak Selasa 8 Oktober

Persiapan Menjelang Musim Hujan

Dilansir dari situs resmi Pusat Krisis Kesehatan Kementerian Kesehatan, persiapan menghadapi musim hujan akan memudahkan masyarakat ketika hujan turun di waktu yang tidak menentu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: