Iklan RBTV Dalam Berita

5 Cara agar Sepatu Tidak Berjamur, Mudah dan Penting Dilakukan!

5 Cara agar Sepatu Tidak Berjamur, Mudah dan Penting Dilakukan!

Cara agar Sepatu Tidak Berjamur--

Selain itu, kamu juga bisa menyumpal bagian dalam sepatu pakai koran untuk menyerap kelempaban. Hal ini dilakukan demi kebaikan sepatu kamu supaya tidak berjamur lagi ketika disimpan di dalam rak.

BACA JUGA:Heboh! Netizen Keluhkan Uang Rp 75 Ribu Ditolak Buat Jajan, Ini Penjelasan Bank Indonesia

3. Kontaminasi yang tidak disadari

Penyebab tumbuhnya jamur pada sepatu juga bisa berasal dari kontaminasi yang tidak disadari. Beberapa kebiasaan kotor yang kamu lakukan terhadap alas kaki bisa menyebabkan sepatu tersebut mudah terkontaminasi oleh bakteri ataupun memicu tumbuhnya jamur.

Contohnya adalah ketika kamu memakai sepatu dalam kondisi kaki kotor, meletakkan sepatu dekat tempat yang menjadi sarang kuman seperti di dekat sampah, atau menyumpal sepatu dengan kaus kaki kotor. Hal itu bisa meningkatkan kelembapan dalam  sepatu dan perpindahan bakteri yang menyebabkan tumbuhnya jamur.

Maka dari itu, sangat penting untuk memperlakukan sepatu sebaik mungkin. Hal-hal yang tidak disadari ini dapat menyebabkan kontaminasi tidak disengaja sehingga nantinya sepatu berjamur dan membuatnya cepat rusak.

BACA JUGA:Prediksi Awal Musim Hujan 2024 di Semua Kabupaten/Kota Sulawesi Selatan, Cek Daerahmu

4. Sepatu tak pernah dicuci

Sepatu yang dalam kondisi tak pernah dicuci juga menyebabkan alas kaki tersebut mudah berjamur. Kamu harus mengetahui bahwa sepatu yang sering dipakai mungkin bisa meninggalkan kelembapan di dalamnya.

Hal itu bisa berasal dari kaki kamu ataupun sisa-sisa keringat yang terjebak di dalamnya.
Tentunya, kondisi sepatu yang kotor ini akan meningkatkan risiko lebih tinggi untuk terkontaminasi oleh jamur.

Makanya tidak heran kalau sepatu kamu jadi gampang bau, tumbuh jamur, dan sejenisnya. Hal tersebut tentunya bisa membuat sepatu jadi cepat rusak.

Maka dari itu, kebersihannya harus selalu dijaga dengan dicuci secara teratur supaya jamur tidak tinggal di dalamnya. Kalau kamu membiarkan sepatu terus menerus kotor tanpa pernah dicuci, tentu bakteri dan jamur pun jadi lebih betah bersarang di dalamnya.

BACA JUGA:Tidak Serentak, Ini Prediksi Musim Hujan di NTB, Kapan Puncaknya?

5. Bahan sepatu

Bahan sepatu juga berpotensi memberikan kontribusi terhadap risiko pertumbuhan jamur. Terdapat beberapa bahan yang memang sensitif terhadap suhu sehingga nantinya berpotensi menjadi tempat tumbuhnya jamur yang akan membuat sepatu jadi kurang nyaman saat digunakan.

Beberapa bahan yang dimaksud misalnya kanvas, kulit tertentu, dan beberapa material lain. Bahan-bahan yang gampang menyerap kelembapan menjadi salah satu lokasi potensial penyebab tumbuhnya jamur.

Maka dari itu, kamu harus menyimpannya di tempat yang benar-benar kering supaya bisa mencegah jamur hinggap di sepatu tersebut.

Demikianlah ulasan mengenai cara menyimpan sepatu agar tidak berjamur berserta penyebabnya. Semoga bermanfaat.

Nutri Septiana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: