Iklan RBTV Dalam Berita

Apa yang Bakal Terjadi jika Indonesia Alami Krisis Ekonomi? Ini 5 Dampaknya

Apa yang Bakal Terjadi jika Indonesia Alami Krisis Ekonomi? Ini 5 Dampaknya

Jika Indonesia Alami Krisis Ekonomi--

BACA JUGA:Awas Barang KW! Ini 6 Aplikasi Cek Barang Asli atau Palsu, Yuk Coba

Sementara itu, ada sejumlah penyebab yang bisa mendorong suatu negera mengalami krisis ekonomi.

Penyebab Krisis Ekonomi

Krisis ekonomi dapat disebabkan karena berbagai hal:

1. Hiperinflasi

Saat negara mengalami inflasi, sudah seharusnya pemerintah berusaha mengatasinya dengan baik. Jika tidak, inflasi yang berlangsung terlalu lama akan merugikan rakyat serta negara.

Bila sudah terlalu lama, keadaan ini akan berlanjut menjadi hiperinflasi. Biasanya ini terjadi saat pemerintah mencetak uang secara berlebihan.

Akibatnya, harga komoditas dan jasa akan naik secara bertahap. Lalu, pemerintah bisa kehilangan kendali atas kenaikan harga. Ketika pemerintah menaikkan suku bunga untuk mengelola percepatan inflasi, kondisi ini akhirnya mengarah pada hiperinflasi.

BACA JUGA:Awas Barang KW! Ini 6 Aplikasi Cek Barang Asli atau Palsu, Yuk Coba

2. Utang negara yang berlebihan

Penyebab selanjutnya adalah karena terlalu banyak beban utang negara sehingga kesulitan membayarnya. Sama seperti perusahaan, ketika memiliki terlalu banyak utang dan tidak mampu membayar, maka dipastikan akan segera bangkrut.

3. Jatuhnya Pasar Saham

Pasar saham bisa mengalami kejatuhan yang disebabkan karena hilangnya kepercayaan investor di pasar. Akibatnya, harga saham pun mengalami penurunan yang dramatis.

Jika kehancuran pasar saham terjadi, maka akan tercipta pasar beruang. Ini terjadi jika harga turun hingga 20% atau lebih dari titik tertinggi untuk mencapai titik terendah baru. Hal ini dapat menguras modal bisnis.

Bila kenaikan harga saham terjadi secara berkepanjangan, maka akan terjadi crash atau rasio perolehan harga melebihi rata-rata jangka panjang. Selain itu, dapat terjadi penggunaan utang margin dalam jumlah berlebihan oleh para pelaku pasar.

BACA JUGA:Jangan Bingung, Begini Cara Ambil Kendaraan yang Disita Polisi karena Tilang, Ini Syaratnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: