Iklan RBTV Dalam Berita

Berapa Tahun Lulus S3? Ini Waktu Normal dan Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Gelar Doktor

Berapa Tahun Lulus S3? Ini Waktu Normal dan Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Gelar Doktor

Syarat Lulus S3--

1. Reputasi Universitas

Saat akan mengambil studi S3, pastikan kamu telah mengumpulkan informasi menyeluruh mengenai berbagai pilihan universitas yang menyediakan program studi sesuai minat dan kebutuhan.

Cara termudah untuk mendapatkan informasi tersebut adalah dengan menghubungi pihak universitas dan melakukan konsultasi awal mengenai rencana studi.

Selain itu, kamu juga bisa bertanya kepada teman maupun pihak akademisi terkait yang telah melakukan studi di universitas tersebut.

BACA JUGA:Bahlil Lahadalia Lulus S3 Doktor hanya 1,5 Tahun, Begini Penjelasan dari UI

2. Bidang Keilmuan

Bidang keilmuan menjadi poin penting lain yang harus turut masuk dalam pertimbangan. Tidak semua bidang ilmu menghadirkan pilihan studi pada strata tertinggi.

Jika bidang ilmu yang sama dengan program sarjana atau magistermu belum tersedia, kamu bisa memilih pilihan program studi yang serumpun dengan konsentrasi dan pendalaman yang dapat mendukung keilmuan yang telah ditekuni sebelumnya.

BACA JUGA:Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Kulon Progo, Ada Tilang Elektronik

3. Topik Penelitian yang Akan Dikembangkan

Setelah menggarap dan menyelesaikan tesis pada jenjang studi S2, sederet pengembangan riset akan menjadi salah satu fokus utama dalam aktivitas perkuliahan di strata tinggi berikutnya.

Oleh karena itu, selain memilih program studi, fakultas, dan universitas tertentu, topik penelitian yang akan dikembangkan juga menjadi poin pertimbangan yang penting untuk dipikirkan oleh calon mahasiswa pada jenjang pendidikan ini.

Saat mempertimbangkannya, pastikan jika topik penelitian yang dipilih akan memberikan dampak positif pada pengembangan karier setelah lulus nanti.

BACA JUGA:Masih Digelar, Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 Kabupaten Tegal

4. Proses Perkuliahan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: