Iklan RBTV Dalam Berita

Berapa Tahun Lulus S3? Ini Waktu Normal dan Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Gelar Doktor

Berapa Tahun Lulus S3? Ini Waktu Normal dan Syarat yang Harus Dipenuhi untuk Mendapat Gelar Doktor

Syarat Lulus S3--

Proses perkuliahan menjadi poin penting lain yang harus dipahami dan dipertimbangkan saat hendak lanjut kuliah S3.

Pada strata ini, proses perkuliahan tidak sepenuhnya serupa dengan program undergraduate yang mementingkan indeks prestasi dengan sebagian besar aktivitas kuliah yang cenderung pasif.

Sebaliknya, mahasiswa S3 akan dituntut untuk memberikan kontribusi signifikan melalui pengembangan riset yang sesuai dengan bidang keilmuan yang dipilih.

Hal ini tentu memerlukan fondasi keilmuan yang cukup serta konsentrasi penuh bagi mahasiswa yang menjalankannya.

BACA JUGA:Operasi Zebra Candi Oktober 2024, Polresta Solo Gelar Razia di 10 Titik Lokasi

5. Beban Studi

Ketika memutuskan sekolah lagi pada strata yang lebih tinggi, calon mahasiswa harus turut mempertimbangkan beban studi yang nantinya akan dihadapi. Kamu perlu mempersiapkan diri secara penuh agar dapat memenuhi ekspektasi tinggi yang diberikan kepada mahasiswa program doktoral.

Jika kamu tengah mengembangkan karier atau sudah memegang posisi penting di dunia kerja, ada baiknya mempertimbangkan hal ini secara lebih terperinci.

Pembagian tujuan serta agenda yang seimbang antara aktivitas kerja dan perkuliahan perlu dilakukan sebelum mendaftarkan diri sebagai mahasiswa di strata ini.

BACA JUGA:Perhatikan! Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Tangerang, Ada 14 Target Pelanggaran

6. Proyeksi Karier di Masa Mendatang

Saat memutuskan untuk lanjut kuliah setelah lulus dari program magister, kamu perlu mempertimbangkan proyeksi karier yang tersedia di masa mendatang.

Secara umum, banyak orang yang berpendapat jika peluang kerja untuk lulusan S3 tak jauh-jauh dari profesi dosen atau peneliti di lembaga riset.

Anggapan tersebut memang tidak sepenuhnya salah. Namun, nyatanya ada segudang pilihan karier yang lebih luas bagi mereka yang mengantongi gelar doktor. Itulah mengapa proyeksi karier di masa depan perlu ikut dipertimbangkan sebagai poin terpenting.

BACA JUGA:Ini Titik Lokasi Operasi Zebra Oktober 2024 di Kulon Progo, Ada Tilang Elektronik

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: