Iklan RBTV Dalam Berita

12 Penyebab Kanker Usus Besar, Penyakit Berbahaya yang Sering Diabaikan

12 Penyebab Kanker Usus Besar, Penyakit Berbahaya yang Sering Diabaikan

Penyebab kanker usus besar --

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Kerap tak disadari, inilah 12 penyebab kanker usus besar beserta cara pengobatan.
Kanker usus besar merupakan salah satu penyakit berbahaya di Indonesia yang gejalanya sering tak disadari.
Berdasarkan data WHO beberapa tahun lalu atau tepatnya 2018, kanker usus besar menempati peringkat ketiga untuk jenis kanker yang paling umum terjadi.

BACA JUGA:Sering Disepelekan, Ini Tanda Usus Kotor dan Cara Membersihkannya, Semuanya Wajib Tahu

Penyakit ini terjadi ketika sel-sel abnormal di usus besar atau rektum mulai berkembang tidak terkendali, membentuk tumor.
Meskipun beberapa faktor risiko dapat meningkatkan kemungkinan seseorang terkena kanker usus besar, banyak kasus terjadi tanpa faktor risiko yang jelas.
Sehingga, memahami penyebab yang dapat dikendalikan dapat membantu menurunkan risiko terjadinya penyakit ini. 

BACA JUGA:Jangan Diabaikan Bila Usus Kotor, Yuk Simak! Ini Cara Mudah untuk Mendetox Usus

Penyebab Kanker Usus

Meski belum diketahui secara pasti mengenai apa yang menyebabkan kanker usus. Ada beberapa faktor risiko yang dapat meningkatkan peluang Anda terkena kanker usus.
Beberapa faktor penyebab kanker usus antara lain:

1. Faktor usia

Penyebab kanker usus besar dapat dipengaruhi oleh faktor usia. Lebih dari 81% kasus kanker usus terjadi pada orang yang berusia di atas 45 tahun. Penyakit ini sangat rentan menyerang orang berusia antara 65 sampai 84 tahun.

2. Faktor genetik

Penelitian telah menunjukkan bahwa faktor genetik adalah 1 dari 4 penyebab kanker usus besar yang paling utama. Hal ini diduga berkaitan dengan mutasi genetik yang berhubungan dengan pengembangan FAP (Familial Adenomatous Polyposis) dan HNPCC (Hereditary Non-Polyposis Colorectal Cancer).

BACA JUGA:Ini Penyebab Usus Kotor dan Cara Mudah Bersihkan Usus dengan Detox Alami

3. Konsumsi alkohol

Menurut American Cancer Society, alkohol merupakan faktor penyebab kanker usus besar dan kanker-kanker lainnya, seperti kanker hati, kanker payudara, dan kanker mulut. Semakin banyak jumlah alkohol yang dikonsumsi, maka semakin besar risiko terkena kanker usus besar.

4. Penyakit diabetes

Sebuah penelitian yang dipublikasikan American Journal of Gastroenterology tahun 2013 mengungkapkan bahwa ketergantungan insulin berkontribusi terhadap perkembangan kanker usus besar. Sebanyak 40% penderita diabetes lebih berisiko terkena kanker usus besar.

BACA JUGA:Ini Penyebab Usus Kotor dan Cara Mudah Bersihkan Usus dengan Detox Alami

5. Makanan tinggi lemak

Makanan tak sehat seperti makanan yang tinggi lemak dan kolesterol diam-diam menjadi penyebab kanker usus besar. Hal ini terutama pada sumber makanan hewani seperti daging.
Konsumsi makanan berlemak terlalu banyak dapat mengubah sel normal menjadi sel stem, kemudian berpotensi menjadi tumor. Oleh karena itu, batasi konsumsi makanan tinggi lemak dan ganti dengan makanan yang lebih sehat untuk mencegah kanker usus besar.

6. Daging merah

Sering mengonsumsi daging merah (misalnya daging sapi, domba, hotdog) dapat meningkatkan risiko kanker kolorektal. Ditambah lagi jika bahan makanan tersebut diolah dengan cara digoreng, dipanggang, atau metode lainnya yang menggunakan suhu sangat tinggi. Proses memasak tersebut dapat menghasilkan bahan kimia pemicu kanker usus besar.

BACA JUGA:Alami Gejala Usus Kotor? Coba Cara Detox ala dr. Zaidul Akbar, Gunakan Bahan dan Tips Ini Insya Allah Ampuh!

7. Kurang asupan serat

Penyebab kanker usus juga bisa karena kurangnya asupan serat dalam tubuh. Tanpa serat yang cukup, feses akan bertahan lebih lama di dalam usus. Akibatnya, akan banyak zat berbahaya yang bersentuhan langsung dengan usus dalam waktu yang lama dan diam-diam memicu kanker kolorektal.
Mulai dari sekarang, rajinlah mengonsumsi makanan kaya serat seperti buah, sayur-sayuran, dan biji-bijian. Dengan begitu, buang air besar menjadi lancar dan kanker pun menghindar.

8. Kurang bergerak aktif

Kebiasaan lebih banyak duduk mungkin memberikan rasa nyaman. Hal ini sah-sah saja untuk sedikit melepas rasa lelah sambil mengisi tenaga.
Namun jangan sampai keterusan, ya. Kebiasaan mager alias malas gerak dan malas olahraga dapat meningkatkan risiko kanker dalam tubuh, termasuk kanker usus besar. Para ahli menduga hal ini ada kaitannya dengan tidak lancarnya buang air besar, sehingga lambat laun memicu kanker.

BACA JUGA:Usus Kotor? Ini Tips dan Cara Detox Usus Ala Dr. Cahyono, Bisa Berdampak Buruk Jika Dibiarkan!

9. Penyakit radang usus

Penyakit radang usus ditandai dengan 2 kondisi medis antara lain kolitis ulseratif dan penyakit Crohn. Bila tidak segera diobati, kedua penyakit tersebut bisa menjadi penyebab kanker usus besar secara bertahap. Artinya, semakin lama seseorang terkena penyakit radang usus dan dibiarkan tanpa penanganan, maka semakin besar risiko terkena penyakit kanker usus besar. 

10. Obesitas

Penyebab kanker usus besar selanjutnya adalah obesitas atau kegemukan. Orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas berisiko 30% lebih besar terkena penyakit kanker usus besar, daripada orang dengan berat badan normal.

BACA JUGA:Enak dan Sehat! Ini Resep Jus Detox Usus, Bagus untuk Kulit dan Bikin Pencernaan Makin Lancar

11. Riwayat keluarga

Jika Anda memiliki anggota keluarga yang menderita kanker usus besar, maka risiko Anda untuk terkena penyakit ini juga akan lebih besar. Risikonya bisa meningkat hingga 3 kali lipat apabila yang terkena penyakit ini adalah keluarga terdekat Anda, seperti orang tua, anak, dan saudara kandung.

12. Etnis dan ras

Penyebab kanker usus besar ternyata juga dapat dipengaruhi oleh faktor etnis dan ras. Orang Afrika memiliki risiko 40% lebih besar dibandingkan orang kulit putih dan juga risiko kematiannya juga lebih tinggi, yaitu sebesar 20%. 
Sementara untuk orang Asia, risiko kanker usus besar cenderung lebih rendah. Namun, tetap jaga kesehatan Anda dan terapkan pola hidup sehat agar tubuh Anda terhindar dari risiko kanker.

BACA JUGA:Makanan untuk Membersihkan Usus Besar! Pencernaan Jadi Makin Lancar Tanpa Khawatir Masalah Usus Kotor

Pengobatan Kanker Usus Besar

Sementara itu, jika kamu merupakan salah satu orang yang sudah terkena kanker usus besar maka lakukan cara dibawah ini untuk mengatasinya.
Biasanya, dokter akan merekomendasikan beberapa pilihan penanganan medis berikut ini:

1. Pembedahan atau Operasi

Tindakan ini dilakukan dengan tujuan mengangkat sel kanker yang berada di organ usus besar. Pembedahan dilakukan bergantung pada seberapa parah penyebaran sel kanker dan kondisi kesehatan pengidap secara keseluruhan. 

2. Radioterapi

Selanjutnya ada radioterapi. Prosedur medis ini dilakukan dengan memanfaatkan sinar radiasi untuk membunuh sel kanker. Sinar akan dipancarkan melalui alat yang dipasang di dekat lokasi sel kanker. 

BACA JUGA:Makanan untuk Membersihkan Usus Besar! Pencernaan Jadi Makin Lancar Tanpa Khawatir Masalah Usus Kotor

3. Kemoterapi

Selain itu, kanker usus besar juga bisa ditangani dengan prosedur kemoterapi. Tindakan ini dilakukan dengan pemberian obat untuk membantu membunuh sel kanker. Obat tersebut diberikan sesuai dengan jadwal yang dibuat oleh Dokter Spesialis Onkologi.

4. Terapi Obat

Pilihan berikutnya adalah menjalani terapi obat. Metode ini bekerja dengan membunuh sel kanker secara spesifik. Tak berbeda dengan kemoterapi menggunakan obat, pilihan pengobatan ini juga dilakukan sesuai dengan jadwal yang diberikan dokter. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: