Iklan RBTV Dalam Berita

Mau Coba 6 Cara Alami Menghilangkan Tahi Lalat tanpa Operasi dan Nyeri

Mau Coba 6 Cara Alami Menghilangkan Tahi Lalat tanpa Operasi dan Nyeri

Cara alami hilangkan tahi lalat--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COMTahi lalat muncul di permukaan kulit dan biasanya berwarna hitam atau coklat. Munculnya tahi lalat biasanya tidak berbahaya. Begini cara alami menghilangkan tahi lalat tanpa operasi dan nyeri.
Tapi, terkadang tahi lalat suka muncul dibagian tubuh yang dapat mempengaruhi Tingkat percaya diri, seperti misalnnya diwajah. Dari itu, banyak orang yang lebih memilih untuk menghilangkannya dengan alasan estetika.
Munculnya tahi lalat dipicu oleh penumpukan melanosit (zat pewarna) di satu area permukaan kulit. Tahi lalat yang bukan menjadi pertanda gangguan kesehatan dapat dihilangkan dengan bahan alami.

BACA JUGA:Menilai Kesetiaan Pasangan Berdasarkan Letak Tahi Lalat, Cek Seberapa Setia Pasanganmu

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Secara Alami

Umumnya, setiap orang memiliki sekitar 10 hingga 40 tahi lalat yang tersebar diseluruh bagian tubunhya.
Tahi lalat memiliki ukuran, warna, dan bentuk yang berbeda-beda.
Nah, jika dirasa mengganggu penampilan, kamu dapat menghilangkan tahi lalat dengan melakukan perawatan yang tepat.

BACA JUGA:Ini Arti Tahi Lalat di Area Bibir, Selain Bikin Manis Juga Bisa Bawa Keberuntungan Bagi Pemiliknya

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan tahi lalat dilansir dari beberapa sumber:

1. Bawang Putih

Cara pertama, kamu bisa menghilangkan tahi lalat di wajah dengan cara menggunakan bawang putih. Caranya, kamu hanya perlu menghancurkan satu siung bawang putih hingga melumat.
Kemudian, oleskan ke bagian yang timbul tahi lalat. Diamkan selama satu malam penuh dan lakukan cara ini selama 1 minggu secara rutin.
Namun, kamu perlu berhati-hati saat mengoleskan bawang putih ke bagian anggota tubuh. Sebab, bahan herbal ini mampu menyebabkan iritasi kulit apabila terdapat alergi.

2. Menggunakan Cuka Apel

Selanjutnya, cara menghilangkan tahi lalat di wajah juga dapat dilakukan dengan mengoleskan cuka apel secukupnya.
Cuka apel mengandung asam malat dan asam tartarat yang berguna untuk memudarkan tahi lalat di area wajah.
Kamu hanya perlu merendam kapas di dalam larutan cuka apel. Kemudian, tempelkan ke bagian tahi lalat dan diamkan sekitar satu jam.
Cara ini cukup efektif apabila dilakukan secara rutin selama dua minggu berturut-turut.
Namun kamu perlu ingta, sama halnya dengan bawang putih, cuka apel juga bisa menyebabkan iritasi kulit.
Jadi, sebelum menggunakan cuka apel, sebaiknya lakukan tes alergi terlebih dahulu. Jika timbul kemerahan, gatal, dan pembengkakan, sebaiknya hentikan pemakaian cuka apel terutama jika pada tahi lalat yang ada di wajah. 

3. Jeruk Bali

Selanjutnya, kamu juga dapat menggunakan ekstrak jeruk bali untuk mengatasi tahi lalat di permukaan kulit.
Zat pada jeruk bali memiliki kandungan antioksidan dan vitamin E untuk menjaga kulit tetap sehat dan segar.
Namun, belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa jeruk bali mampu memudarkan tahi lalat sepenuhnya. Kamu juga perlu mewaspadai terjadinya iritasi atau jaringan parut di area kulit.

4. Menggunakan Minyak Jarak

Minyak jarak memiliki kandungan untuk mengatasi gangguan tahi lalat di bagian anggota tubuh. Cara yang dilakukan juga cukup mudah dan mampu menyamarkan tahi lalat secara cepat.
Campurkan satu sendok makan minyak jarak dengan satu sendok makan soda kue. Aduk secara merata hingga membentuk seperti pasta.
Kemudian, kamu dapat mengoleskannya ke tahi lalat dan diamkan selama satu malam. Lakukan cara ini secara rutin, minimal satu bulan secara berturut-turut.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya juga menjadi salah satu obat penghilang tahi lalat secara alami. Kamu hanya perlu mengoleskan lidah buaya ke permukaan kulit yang memiliki tahi lalat.
Namun sama halnya dengan cuka apel, pastikan jika kamu melakukan tes alergi terlebih dahulu. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya gatal dan kemerahan pada kulit.

6. Menggunakan Minyak Pohon Teh/ Tea Tree Oil

Cara menghilangkan tahi lalat secara cepat bisa dilakukan dengan menggunakan minyak pohon teh atau tea tree oil. Bahan alami ini bersifat antibakteri, antivirus, antiseptik, dan anti jamur.
Cara melakukannya juga cukup mudah, kamu hanya perlu merendam kapas ke dalam cairan minyak pohon teh. Kemudian, tempelkan dan diamkan selama satu malam. Lakukan cara ini berulang kali setiap malam untuk mendapatkan hasil yang optimal.
Jika kamu memiliki alergi pada minyak pohon teh, sebaiknya hentikan pemakaiannya. Ada banyak cara lain menghilangkan tahi lalat secara cepat dan minim risiko efek samping.

BACA JUGA:7 Letak Tahi Lalat yang Membawa Pemiliknya Menuju Kesuksesan Menurut Kepercayaan Tiongkok

Cara Menghilangkan Tahi Lalat Lewat Tindakan Medis

Selain memanfaatkan bahan herbal seperti diatas, menghilangkan tahi lalat secara permanen harus dilakukan melalui tindakan medis.
Beberapa prosedur operasi yang direkomendasikan adalah:

1. Operasi Eksisi

Pertama, jika kamu memiliki tahi lalat berukuran besar, operasi eksisi menjadi salah satu tindakan yang paling tepat.
Sama halnya dengan bedah cukur, dokter akan melakukan pembiusan dengan anestesi lokal.
Kondisi ini dilakukan untuk mengangkat tahi lalat beserta dengan jaringan di sekitarnya menggunakan pisau bedah. Setelah operasi selesai, bekas luka tahi lalat akan dijahit sesuai prosedur medis.
Operasi eksisi cenderung lebih efektif dibandingkan dengan bedah cukur. Operasi ini dapat menurunkan risiko tahi lalat muncul kembali.

BACA JUGA:40 Nama dan Letak Tahi Lalat yang Dipercaya Sebagai Penarik Rezeki dalam Primbon Jawa

2. Laser Tahi Lalat

Selanjutnya, kamu juga dapat menjalani operasi laser untuk menghilangkan tahi lalat pada anggota tubuh.
Operasi ini dilakukan dengan cara memancarkan sinar panas yang mampu merontokkan tahi lalat hingga hancur dan lepas.
Operasi laser juga minim rasa sakit dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, operasi ini memiliki satu kekurangan, yaitu tahi lalat dapat muncul kembali.

BACA JUGA:Ini 44 Letak Tahi Lalat di Tubuh yang Dipercaya Membawa Rezeki Menurut Primbon Jawa

3. Melakukan Krioterapi

Krioterapi kerap digunakan untuk mengatasi penyakit kanker. Namun, metode operasi ini bisa dimanfaatkan untuk merontokkan tahi lalat, terutama di area wajah.
Krioterapi dilakukan dengan cara menyemprotkan nitrogen cair yang memiliki efek mendinginkan.
Tindakan ini menyebabkan tahi lalat membeku dan mengalami kerusakan. Perlu diketahui bahwa krioterapi memiliki efek samping ringan, seperti menimbulkan rasa sakit dan meninggalkan bekas luka sehingga warna kulit cenderung tidak merata.

BACA JUGA:Kepercayaan Tahi Lalat di Bibir Membawa Keberuntungan, Nagita Slavina Dikait-kaitkan

4. Kauterisasi atau Bedah Listrik

Selanjutnya, kamu dapat menghilangkan tahi lalat hidup dengan menjalani kauterisasi atau operasi bedah listrik. Sesuai dengan namanya, operasi ini dilakukan dengan mengalirkan listrik melalui alat logam ke jaringan kulit yang memiliki tahi lalat.
Operasi bedah listrik dapat membakar lapisan kulit dan jaringan di sekitarnya sehingga tahi lalat dapat mengering dan mengelupas. Sebelum melakukan operasi ini, dokter akan memberikan anestesi lokal terlebih dahulu.

BACA JUGA:Kepercayaan Tahi Lalat di Bibir Membawa Keberuntungan, Nagita Slavina Dikait-kaitkan

Itulah tadi mengenai beberapa cara alami yang bida digunakan untuk menghilangkan tahi lalat tanpa operasi dan nyeri. Semoga artikel ini bermanfaat.

 

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: