Iklan RBTV Dalam Berita

Ini Penjelasan Ponpes Al Zaytun Soal Salat Ied yang Viral, Dalilnya Ada Disampaikan pada Kantor Kemenang

Ini Penjelasan Ponpes Al Zaytun Soal Salat Ied yang Viral, Dalilnya Ada Disampaikan pada Kantor Kemenang

Ini Penjelasan Ponpes Al Zaytun Soal Salat Ied yang Viral, Dalilnya Ada Disampaikan pada Kantor Kemenang --

 

Ponpes Al-Zaytun kerap kali membuat kontroversial. Belum lama ini, heboh jemaah salat pria dan wanita bercampur dalam kegiatan Salat Id. Sebelum ini pun tercatat berbagai kontroversial lainnya. 

 

1. Dikaitkan dengan Gerakan Darul Islam/ Negara Islam Indonesia

 

Dalam beberapa terbitan, nama Panji Gumilang kerap dikaitkan dengan gerakan Darul Islam / NII KW9. Gerakan ini dipimpin oleh Abu Toto, diduga nama alias Panji Gumilang.

Azyumardi Azra, dalam jurnal terbitan UIN Syarif Hidayatullah, menulis bahwa tidak ada yang mengetahui secara pasti apakah kelompok ini meninggalkan gagasan Negara Islam Indonesia atau tidak; namun jelas kelompok ini memilih jalan damai dengan aktivitas dakwah, terutama pendidikan. 

Ia dituduh oleh kalangan Muslim tertentu menyebarkan ajaran menyimpang di pesantren tersebut.  Tuduhan ini ramai terdengar pada tahun 2011. 

Saat diwawancara, Panji Gumilang menanggapi dengan mengatakan bahwa persoalan NII menurut sejarah Indonesia sudah selesai pada tahun 1962.

 

2. Kasus Pemalsuan Dokumen

 

Al-Zaytun sempat terseret kasus pemalsuan dokumen. Itu dilakukan oleh Panji Gumilang dan ditangani langsung oleh Bareskrim Mabes Polri.

Kasus ini pun bergulir hingga ke meja hijau. Di pengadilan, Panji divonis 10 bulan penjara oleh majelis hakim Pengadilan Negeri Indramayu pada Mei 2012.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: