Iklan RBTV Dalam Berita

Macam-macam Modus Penipuan di Facebook, Sampai Ada Trik Romansa

 Macam-macam Modus Penipuan di Facebook, Sampai Ada Trik Romansa

Jenis dan modus penipuan di facebook--

Mode serangan ini kerap mengeksploitasi kepercayaan dan rasa kekeluargaan agar si korban percaya dan akhirnya memberikan uang.
Untuk menghindari modus ini, pastikan untuk selalu memverifikasi kebenaran identitas orang-orang yang berinteraksi dengan kita di media sosial, terutama Facebook.

BACA JUGA:Dapat Uang Secara Online, Coba 10 Cara Hasilkan Uang dari Facebook

5. Berita Bohong dan Hoaks

Penyebaran misinformasi dan berita bohong kerap menggiring pengguna untuk percayai informasi bohong sebagai fakta.
Modus ini kerap memakai headline sensasional untuk menarik perhatian korbannya.
Untuk menghindari misinformasi dan berita bohong, pastikan untuk selalu mengecek kredibilitas dari sumber-sumber berita yang kita baca. Apalagi kalau kita mau membagikannya ke orang lain.

BACA JUGA:Heboh, Sosial Media Raksasa Facebook dan Istagram Down, Ada Apa?

6. Penipuan Berbasis Investasi Bodong

Penipuan investasi bodong menarget pengguna dengan menjanjikan keuntungan besar, padahal sebenarnya adalah investasi bodong.
Penipuan ini sangat mungkin melibatkan perusahaan-perusahaan investasi palsu, skema ponzi, atau penipuan kripto demi keuntungan si penipu.
Untuk menghindari penipuan bermodus investasi bodong ini, lakukan riset dan penggalian informasi dengan teliti dan dapatkan saran dari ahli keuangan terpercaya sebelum menginvestasikan uang atau membagikan informasi keuangan online.

BACA JUGA:Main FB Dapat Cuan! Ga Percaya? Ini Cara Mengaktifkan Facebook Pro, Mudah Banget

7. Penipuan Clickbait

Penipuan clickbait kerap menggunakan headline sensasional untuk menipu pengguna mengklik link atau mengarahkan ke website berbahaya.
Penipuan ini mungkin menjanjikan konten eksklusif untuk menarik minat pengguna mengkliknya. Oleh karena itu, untuk menghindari clickbait, selalu berhati-hati dalam mengklik link. Pastikan kebenaran informasi sebelum mengekliknya.

BACA JUGA:Lagi Ramai, Ternyata Segini Gaji dari Facebook Pro Per Bulan, Bisa Beli Rumah

8. Peretasan dan Phishing

Peretasan akun dan phishing melibatkan akses tidak berizin ke akun pengguna Facebook melalui pencurian password, social engineering, pesan pribadi, atau data pribadi yang disimpan di akun yang telah diretas.

Untuk menghindari dari jenis peretasan ini, pastikan selalu pakai password yang unik, kuat, serta mengaktifkan metode keamanan two-factor authentication serta waspada kalau ada hal-hal tak wajar di akun Facebook kamu.

BACA JUGA:Menjadi Salah Satu Fitur Penghasil Uang, Begini Cara Menghitung Pendapatan Facebook Pro

9. Unduhan Aplikasi Berbahaya

Aplikasi berbahaya yang diunduh dalam bentuk apk kerap jadi ancaman buat pengguna. Modus penipuan ini adalah menginfeksi perangkat pengguna dengan malware, software mata-mata, hingga software berbahaya.

Aplikasi-aplikasi berbahaya ini lalu meminta akses ke berbagai data pengguna tanpa disetujui si pengguna.
Untuk melindungi diri dari aplikasi berbahaya ini, pastikan untuk selalu unduh aplikasi dari sumber terpercaya. Misalnya dari Google Play Store atau App Store.

BACA JUGA:Berapa Jumlah Followers Facebook Pro agar Dapat Uang? Cek Syarat dan Penjelasanya di Sini

10. Penipuan Berbasis Survei

Penipuan berbasis survei kerap menjanjikan korban dengan insentif atau hadiah, dan ditukar dengan data-data pribadi untuk keperluan "penelitian".
Jenis penipuan ini kemungkinan mengumpullkan informasi sensitif untuk pencurian identitas atau mengarahkan pengguna ke website jahat yang berupaya mengumpulkan informasi pribadi korban.
Untuk menghindarinya, terus waspada ketika memberikan informasi pribadi secara online dan memverifikasi kebenaran survei sebelum mau berpartisipasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: