Iklan RBTV Dalam Berita

Begini Cara Mengatasi Telepon Promosi dari Telemarketing Bank yang Mengganggu

Begini Cara Mengatasi Telepon Promosi dari Telemarketing Bank yang Mengganggu

Cara atasi telepon dari telemarketing bank yang mengganggu--

Untuk informasi tambahan, dilansir dari laman jobstreet, telemarketing merupakan salah satu strategi pemasaran perusahaan untuk mendapatkan panggilan atau pelanggan baru. Telemarketing dapat dibagi menjadi empat, yaitu: 

1. Outbound 

Outbound adalah menawarkan produk dengan cara menelepon prospek atau calon pelanggan potensial. Pada tahap ini, calon pelanggan mungkin belum tahu tentang layanan atau produk yang ditawarkan.  
Dalam strategi outbound, telemarketer bertugas memberikan penjelasan mengenai profil perusahaan, produk, atau jasa marketing, dengan menekankan keunggulan-keunggulannya ke calon pelanggan.

2. Inbound 

Inbound merupakan kebalikan dari outbound telemarketing. Dalam strategi inbound, calon pelanggan lah yang menghubungi perusahaan terlebih dulu untuk menanyakan tentang produk dan layanan. 
Menurut WebFX, prospek yang diperoleh dari inbound dapat menjadi potensi besar untuk menghasilkan transaksi penjualan. 
Hal itu bisa terjadi karena calon pelanggan sudah menaruh ketertarikan terhadap produk atau layanan perusahaan.
Meski demikian, tidak berarti tugas telemarketer akan lebih mudah. Telemarketer nantinya harus pandai membangun dan menjaga hubungan dengan pelanggan agar terjadi transaksi.

3. Lead Generation 

Dalam strategi lead generation, telemarketer melakukan riset pasar untuk menghimpun informasi dari calon pelanggan. 
Informasi yang dikumpulkan umumnya mencakup data demografis, profil, serta minat dari target audience. Setelah itu, data akan diproses untuk merumuskan strategi pemasaran yang sesuai dan efektif. 

4. Sales 

Strategi ini hampir mirip dengan outbound, yakni perusahaan berinisiatif menghubungi calon pelanggan lebih dahulu.
Tujuan sales adalah melakukan pendekatan penutupan atau closing dengan menggunakan teknik persuasif. 
Strategi sales dapat diterapkan baik dalam model bisnis ke bisnis (B2B) maupun dari bisnis ke konsumen (B2C), tergantung pada model bisnis yang diadopsi oleh perusahaan.

BACA JUGA:Jangan Keliru, Pahami Perbedaan Hari Ayah Nasional dan Dunia, Apa Saja?

Cara Kerja Telemarketing 

Proses kerja telemarketing secara umum adalah sebagai berikut:

  • Telemarketing dimulai dengan identifikasi target pasar dan pengumpulan data pelanggan.

  • Telemarketer kemudian menggunakan database untuk menyusun panggilan yang terpersonalisasi.

  • Saat melakukan panggilan, telemarketer memperkenalkan produk atau layanan, menjelaskan keuntungannya, dan merespons pertanyaan pelanggan.

  • Selanjutnya, telemarketer menggunakan keterampilan penjualan untuk meyakinkan calon pelanggan dan menawarkan produk tambahan jika relevan. Proses ini sering melibatkan negosiasi harga dan penutupan penjualan.

  • Setelah panggilan, data hasil panggilan dicatat dalam database pelanggan untuk analisis dan pengembangan strategi pemasaran selanjutnya.

Itulah mengenai cara untuk mengatasi telepon promosi dari telemarketing bank yang sering mengganggu kegiatan sehari-hari! Ingat untuk selalu berhati-hati setiap saat akan mengisi data apapun itu, jangan sampai data yang diisi nantinya akan mengganggu kenyamanan.

BACA JUGA:Hari Ayah di Indonesia Diperingati Setiap Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Sejarahnya

 

(Putri Nurhidayati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: