Iklan dempo dalam berita

Warning, 32 Provinsi Dilanda Kekeringan, Ini 4 Dampak El Nino Bagi Kehidupan

Warning, 32 Provinsi Dilanda Kekeringan, Ini 4 Dampak El Nino Bagi Kehidupan

ancaman siklus el nino dan kemarau--

 

Fenomena El Nino bisa berdampak sampai ke pertanian. Ketika terjadi El Nino, maka, ketersediaan air akan menjadi lebih sedikit dan bisa mengakibatkan tanaman untuk pertanian menjadi rusak karena kekurangan air.

 

BACA JUGA:Kisah Kaum yang Dibinasakan Allah SWT karena Ingkar dan Berlumuran Dosa

4. Muncul Berbagai Penyakit

 

Saat kekeringan melanda akibat fenomena El Nino, bisa memunculkan berbagai penyakit. Penyakit yang bisa menyerang yakni diare, panas dalam, dehidrasi, kolera dan lain sebagainya.

Selain itu, bisa juga terkena sakit mata karena udara yang kering dan juga sangat berdebu. Mata bisa belekan, dan rasa yang mengganjal. Terlebih, penyakit yang bisa datang yakni masalah pada paru-paru. Karena, kemarau akan meningkatkan polusi udara yang disebabkan frekuensi hujan berkurang. Padahal, hujan bisa membersihkan polutan yang ada. Polusi udara sangat berhubungan dengan sel paru saat manusia menarik napas.

 

Seluruhnya Diminta Bersiap

 

Seluruh pemerintah daerah diminta bersiap menghadapi kemarau panjang yang bakal menyebabkan kekeringan. Hal ini dikarenakan siklus El Nino bakal melanda Indonesia.

El Nino yang merupakan fenomena pemanasan Suhu Muka Laut (SML) di atas kondisi normal di Samudera Pasifik diprediksi akan melanda Indonesia pada Agustus 2023. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan pun meminta semua pihak bersiap menghadapi kemarau panjang ini.

Menko Luhut mengatakan, kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah harus bersiap melakukan upaya mitigasi menghadapi El Nino. Berdasarkan pengalaman di 2015, El Nino berpotensi menyebabkan dampak kekeringan yang luas, termasuk juga kebakaran hutan dan lahan yang.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: