Iklan dempo dalam berita

Rumah Belum Lunas? Ini Cara Efektif agar Cicilan Rumah Cepat Selesai

Rumah Belum Lunas? Ini Cara Efektif agar Cicilan Rumah Cepat Selesai

ilustrasi. tips efektif melunasi cicilan rumah--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Memiliki rumah adalah impian semua orang. Namun tidak semua orang memiliki kemampuan untuk membeli cash atau membangun rumah yang diimpikannya.

Dengan kondisi tersebut, maka kredit rumah menjadi pilihannya. Hanya saja seringkali kita dibuat pusing untuk membayar cicilannya.

Sebagai ilustrasi, jika tenor cicilan KPR Anda selama 15 atau 20 tahun itu berarti Anda harus mencicil selama itu. Waktu yang panjang sehingga terasa melelahkan. 

Belum lagi apabila nanti di tengah perjalanan ada kebutuhan yang butuh dana besar seperti renovasi rumah, biaya rumah sakit, atau daftar sekolah. Jadi jika memang bisa dilunasi secepatnya, mengapa tidak. 

 

BACA JUGA:Hanya Butuh KTP, Cair Dalam Sehari Pinjaman Rp 6.000.000 Tanpa Agunan

Simak tips cicil rumah agar cepat lunas berikut ini.

1) Mengurangi Sisa Pokok KPR

Tips cicil rumah pertama adalah dengan mengurangi sisa pokok. Caranya, adalah dengan menambah simpanan tabungan Anda menjadi dua kali lipat. 

Bila biasanya Anda menyisihkan sepertiga dari penghasilan untuk membayar cicilan KPR, kali ini coba sisihkan dua per tiga untuk mengurangi sisa pokok KPR.

Misalnya, Anda memiliki penghasilan Rp9 juta per bulan—dimana sekitar Rp3 juta digunakan untuk mencicil KPR—berarti Anda memiliki sekitar Rp6 juta untuk biaya hidup per bulan. Ke depan, Anda bisa mengurangi biaya hidup, misalnya menjadi sekitar Rp4 juta saja per bulan. 

BACA JUGA:Perlu Tahu Berikut Kerusakan Paling Sering Terjadi pada Handphone

Dengan demikian, Anda memiliki Rp2 juta per bulan untuk mengurangi sisa pokok KPR. Jika Anda terapkan tips cicil rumah ini secara rutin, maka cicilan KPR Anda akan lebih cepat lunas.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: