Iklan dempo dalam berita

Suara Dentuman Berulang dari Langit, Masyaallah Ternyata Sumbernya dari Sini

Suara Dentuman Berulang dari Langit, Masyaallah Ternyata Sumbernya dari Sini

Suara Dentuman Berulang dari Langit, Masyaallah Ternyata Sumbernya dari Sini--

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM – Suara dentuman berulang dari langit menghebohkan belakangan ini. Bahkan dentuman dahsyat misterius membuat warga kaget bahkan ketakutan. 

Dentuman tersebut juga dikabarkan membuat rumah ada yang sampai bergetar serta burung-burung ketakutan.

BACA JUGA:Pesta Langit Malam Ini, Hujan 50 Meteor Per Jam dan Bulan Menjadi Redup, Ini Jadwalnya

Namun tim ahli astronomi internasional telah mengungkap, ada 25 sumber baru ledakan gelombang radio cepat dan berulang. Sumber itu berasal dari luar angkasa. Para ahli menyebut sumber ledakan ini berasal dari lokasi yang sangat jauh dari galaksi Bima Sakti.

Dalam studi yang diterbitkan The Astrophysical Journal itu, para peneliti termasuk tim penulis dari Universitas McGill di Quebec, Kanada mengumpulkan data dari teleskop radio Canadian Hydrogen Intersity Mapping Experiment (CHIME).

BACA JUGA:Ini 24 Fenomena Langit 2023, Gerhana, Hujan Meteor Hingga Hari Meluruskan Kiblat

Para peneliti menggunakan seperangkat alat statistik termutakhir. Alat itu dikembangkan untuk memeriksa data yang dikumpulkan CHIME abntara 30 Septermber 2019 hingga 1 Mei 2021.

“Kami menyisir data tersebut untuk menemukan setiap sumber berulang yang terdeteksi sejauh ini, termasuk sumber yang kurang jelas," jelas penulis pertama jurnal, Ziggy Pleunis, dikutip dari Fox News seperti dirilis dari okezone.com.

BACA JUGA:5-6 Mei Fenomena Penumbra, Ini Tata Cara Salat Gerhana Berjemaah dan Sendirian

“Alat baru ini penting untuk studi ini karena kita sekarang bisa dengan akurat mengkalkulasi kemungkinan bahwa dua atau lebih ledakan berasal dari lokasi yang sama itu bukan hanya kebetulan. Itu pasti sangat bermanfaat untuk penelitian yang sama selanjutnya,” papar mahasiswa PhD Universitas McGill itu.

Adaeze Ibik, seorang mahasiswa PhD di Departemen Astronomi dan Astrofisika David A. Dunlap Universitas Toronto, mengungkap para ilmuwan telah mengidentifikasi kemungkinan galaksi terkait dua sumber ledakan radio tersebut atau FRB.

BACA JUGA:Gerhana Bulan Penumbra Berikan Efek Positif dan Negatif Bagi Zodiak Scorpio, Apa Saja ?

Kendati demikian, para ahli belum mengetahui asal usul suara ledakan itu. Mereka menduga juga menduga suara itu berasal dari abu yang tertinggal setelah bintang mati.

“FRB kemungkinan dihasilkan oleh sisa-sisa ledakan kematian bintang. Dengan mempelajari sumber FRB berulang secara rinci, kita dapat mempelajari lingkungan tempat ledakan ini terjadi dan lebih memahami tahap akhir kehidupan bintang,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: