Iklan dempo dalam berita

Dabbah, Hewan yang Menjadi Tanda Kiamat, Begini Pendapat Ulama Ciri-ciri Dabbah

Dabbah, Hewan yang Menjadi Tanda Kiamat, Begini Pendapat Ulama Ciri-ciri Dabbah

Ilustrasi. Dabbah sebagai hewan tanda kiamat--

"Seekor binatang akan keluar dengan membawa tongkat Musa dan cincin Sulaiman Alaihissallam, lalu dia akan memberikan tanda (cap sebagai tanda pengenal) kepada seorang kafir-Affan (salah seorang perawi hadis) berkata, 'Pada hidung seorang kafir-dengan cincin, dan menjadikan bercahaya serta memutihkan wajah seorang mukmin dengan tongkat sehingga orang-orang yang sedang berkumpul pada hidangan makanan akan saling menyeru, maka yang ini berkata, 'Wahai, Mukmin!' Sementara yang lain berkata, 'Wahai, Kafir!'" (HR. Imam Ahmad dan Tirmizi).

 

Dari hadis tersebut diketahui bahwa dabbah akan memberikan tanda pada hidung manusia. Wajah orang mukmin yang telah diberi tanda akan menjadi bersinar, sedangkan wajah orang kafir dan munafik akan berubah gelap.

 

Selain memberi tanda, hewan melata akhir zaman ini juga akan berbicara kepada manusia. Menurut qira-ah Ubay bin Ka'ab RA, cara dabbah berbicara sama seperti ketika manusia berbincang kepada sesamanya.

 

Dari penjelasan Ibnu Zubair, dabbah mampu berbicara dalam segala jenis bahasa manusia. Adapun kalimat yang kelak ia ucapkan tercantum dalam Surah An-Naml ayat 82, yaitu

 

"... Sesungguhnya manusia dahulu tidak yakin kepada ayat-ayat Kami." (An-Naml, [27]:82).

 

Demikianlah informasi mengenai ciri-ciri dan tugas dabbah. Sekali lagi, pengetahuan gaib terkait hari akhir hanyalah diketahui oleh Allah SWT. Begitu pula dengan rupa spesifik dabbah dan kelak yang ia lakukan.

 

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: