Iklan dempo dalam berita

Siapa Sebenarnya Sosok Zulkarnain, Raja yang Membentengi Ya’juj-Ma’juj? Ada yang Menduga Dia Adalah Alexsander

Siapa Sebenarnya Sosok Zulkarnain, Raja yang Membentengi Ya’juj-Ma’juj? Ada yang Menduga Dia Adalah Alexsander

ilustrasi. sosok raja zulkarnain yang membangun dinding penghalang ya'juj dan ma'juj--

BACA JUGA:Pinjaman BPJS Ketenagakerjaan Hingga Rp 25 Juta Bunga Rendah, Begini Caranya

Disebutkan bahwa Zulkarnain sampai di suatu tempat yang terdapat dua gunung berdampingan. Di antara kedua gunung tersebut terdapat celah yang digunakan Ya'juj dan Ma'juj untuk masuk. Ya'juj dan Ma'juj adalah kaum yang disebutkan suka berbuat kerusakan. 

 

Sebagian ulama menyebutkan bahwa mereka adalah keturunan Yafits bin Nuh. Kaum yang mendapat kezaliman dari Ya'juj dan Ma'juj kemudian meminta tolong Zulkarnain untuk membuatkan sebuah dinding pembatas di antara mereka agar Ya'juj dan Ma'juj tidak bisa keluar mengganggu mereka. 

 

BACA JUGA:Simak Baik-baik, Ini Perbedaan Cadar, Niqab dan Burqa

Beberapa penafsir dan sejarawan Muslim telah berusaha mengidentifikasi jati diri Zulkarnain dengan beberapa tokoh sejarah.

 

Aleksander Agung 

Pendapat paling masyhur menyebutkan bahwa Aleksander Agung adalah Zulkarnain yang disebutkan dalam Al-Qur'an. Namanya biasanya dieja sebagai 'Iskandar' dalam literatur Muslim dan dia sering juga disebut dengan Iskandar Zulkarnain. Aleksander Agung adalah Raja Makedonia yang berkuasa pada 336–323 SM dan menjadi penguasa atas kawasan Balkan selatan, Anatolia, Syam, Iran, sebagian Asia Tengah, Mesir, dan India barat laut.

 

Terdapat perbedaan pendapat terkait Aleksander dan julukan Zulkarnain. Ath-Thabari menyatakan bahwa Aleksander dijuluki Zulkarnain dalam Al-Qur'an lantaran dia pergi dari satu ujung (tanduk) dunia ke ujung yang lain. 

 

Perjalanan Zulkarnain ke barat sampai ke laut berlumpur hitam disebutkan memiliki kemiripan dengan "laut beracun" yang dijumpai Aleksander dalam Roman Aleksander. 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: