Iklan dempo dalam berita

Karena Telinga Busuk, Abu Nawas Pura-pura Menjadi Gila, Modus Abu Nawas Sungguh Cerdik

Karena Telinga Busuk, Abu Nawas Pura-pura Menjadi Gila, Modus Abu Nawas Sungguh Cerdik

Kisah Abu Nawas pura-pura gila--

Abu Nawas pun datang mendapati bapaknya yang sudah lemah lunglai. Berkata bapaknya,"Hai anakku, aku sudah hampir mati. Sekarang ciumlah telinga kanan dan telinga kiriku." 

 

Abu Nawas segera menuruti permintaan terakhir bapaknya. la cium telinga kanan bapaknya, ternyata berbau harum, sedangkan yang sebelah kiri berbau sangat busuk. "Bagamaina anakku? Sudah kau cium?" "Benar Bapak!" 

 

"Ceritakankan dengan sejujurnya, baunya kedua telingaku ini." 

 

BACA JUGA:Kisah Pembalasan Abu Nawas yang Menjual Raja Menjadi Budak

"Aduh Pak, sungguh mengherankan, telinga Bapak yang sebelah kanan berbau harum sekali. Tapi... yang sebelah kiri kok baunya amat busuk?" 

 

"Hai anakku Abu Nawas, tahukah apa sebabnya bisa terjadi begini?" 

 

"Wahai bapakku, cobalah ceritakan kepada anakmu ini." 

 

Berkata Syeikh Maulana."Pada suatu hari datang dua orang mengadukan masalahnya kepadaku. Yang  seorang aku dengarkan keluhannya. Tapi yang seorang lagi karena aku tak suka maka tak kudengar pengaduannya. Inilah resiko menjadi Kadi (Penghulu). Jika kelak kau suka menjadi Kadi maka kau akan mengalami hal yang sama, namun jika kau tidak suka menjadi Kadi maka buatlah alasan yang masuk akal agar kau tidak dipilih sebagai Kadi oleh Sultan. Tapi tak bisa tidak Sultan pastilah tetap memilihmu sebagai Kadi." 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: