Iklan dempo dalam berita

Kiamat akan Terjadi Pada Hari Jumat, Benarkah Demikian? Berikut Penjelasannya

Kiamat akan Terjadi Pada Hari Jumat, Benarkah Demikian? Berikut Penjelasannya

Benarkah kiamat akan terjadi hari jumat--

Tanda-tanda besar (kubra), di mana telah mendekati terjadinya kiamat dan belum pernah terjadi sebelumnya, seperti keluarnya Dajjal, turunnya Nabi Isa AS, serta munculnya Yakjuj dan Makjuj.

 

BACA JUGA:Masyaallah, Ketika Wafat Sosok Ini Mendapatkan Kain Kafan yang Dibawa Malaikat Jibril

Dengan informasi di atas, mungkin sebagian muslim ada yang bertanya-tanya mengenai perbedaan waktu pada hari kiamat kelak. Apalagi perkara bagaimana bila ada wilayah yang masih berada di hari Kamis dan lain sebagainya.

 

Perlu diketahui, dikutip dari buku Aqidah Akhlaq, pada hari kiamat bahkan sudah banyak terjadi penyimpangan dalam peredaran tata surya. Beberapa di antaranya seperti, matahari terbit dari barat dan tenggalam di timur, waktu berjalan lebih cepat atau pergantian siang dan malam sangat cepat, dan juga pergantian musim yang tidak teratur.

 

Salah satu hadits pernah menjelaskan, "Kiamat tidak akan terjadi kecuali setelah matahari terbit dari barat. Pada saat itu tidak bermanfaat lagi iman seseorang yang belum beriman sebelum itu atau belum melaksanakan kebaikan pada masa hidupnya." (HR Bukhari)

 

Apapun itu, hal yang perlu dipahami muslim adalah hari akhir akan datang secara tiba-tiba, tidak ada orang yang mengetahui kedatangan hari kiamat, kecuali Allah SWT yang mengetahuinya seperti dijelaskan dalam surah Al A'raf ayat 187,

 

يَسْـَٔلُونَكَ عَنِ ٱلسَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَىٰهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ رَبِّى ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَآ إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِى ٱلسَّمَٰوَٰتِ وَٱلْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْـَٔلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِىٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِندَ ٱللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ ٱلنَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: "Bilakah terjadinya?" Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba". Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: "Sesungguhnya pengetahuan tentang hari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui."

 

Tim liputan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: