Iklan dempo dalam berita

11 Negara Terkecil di Dunia, Berkeliling Cukup Sehari, Penduduknya Kurang 1000 Orang

11 Negara Terkecil di Dunia, Berkeliling Cukup Sehari, Penduduknya Kurang 1000 Orang

11 Negara Terkecil di Dunia, Berkeliling Cukup Sehari, Penduduknya Kurang 1000 Orang--

10. Maladewa

Maladewa merupakan negara terkecil di dunia ke-10 sekaligus negara terkecil di Asia. Letaknya di Samudra Hindia dan membentuk kepulauan.

Luasnya hanya berkisar 300 km² dengan penduduk 100 persen beragama Islam. Maladewa sangat terkenal dengan pariwisatanya dan kerap menjadi tujuan honeymoon pasangan muda.

 

BACA JUGA:Fenomena Midnight Sun, Matahari di 7 Negara Ini Nyaris Tak Pernah Tenggelam

 

Sementara itu, Sealand adalah negara kecil yang berada di North Sea (Laut Utara), sekitar 19 kilometer dari lepas pantai Inggris. Sealand ditetapkan sebagai negara paling kecil di dunia, dengan populasi hanya 50 orang.

 

Dikutip dari laman History Defined, negara ini didirikan Paddy Roy Bates pada 1967. Bates lantas mengumumkan Sealand sebagai negara merdeka setelah dia dan keluarganya menduduki pelabuhan Angkatan Laut dekat HM Fort Roughs.

 

Bates merupakan pensiunan mayor angkatan darat Inggris. Pada 1967, dia mengumumkan dirinya sebagai penguasa Sealand. Sejak saat itu, Sealand dikelola dia dan keluarganya.

 

BACA JUGA:Indonesia Dahulu Sangat Luas, Ada Enam Negara yang Pernah Menjadi Bagian dari Nusantara

 

Ide menjadikan Sealand sebagai negara ini dimulai ketika dia ingin memberikan hadiah ulang tahun kepada istrinya, Joan. Pada malam Natal 1966, Bates naik kapal dan menuju Sealand. Lalu menggunakan kait dan tali, dia memanjat ke atas platform atau pangkalan tersebut dan menyatakan telah menaklukkan tempat tersebut untuk istrinya sebagai hadiah.(tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: