Iklan dempo dalam berita

Ada yang Menyebut Tanah Gersang Arab Menghijau, tanda Akan Hari Kiamat ? Begini Tanggapan Quraish Shihab

Ada yang Menyebut Tanah Gersang Arab Menghijau, tanda Akan Hari Kiamat ? Begini Tanggapan Quraish Shihab

Tanah Gersang Arab Menghijau, Apakah Pertanda Akan Datang Hari Kiamat ? -Begini Tanggapan Quraish Shihab-

NASIONAL, RBTVCAMKOHA.COM - Seorang muslim harus meyakini bahwa akan ada hari kiamat atau hari akhir sebagaimana yang menjadi bagian dari Rukun Iman. Untuk waktu kapan akan terjadinya kiamat tidak akan ada yang tau, hanya Allah yang dapat mengetahuinya.

BACA JUGA:5 Tanda Akhir Zaman Sebelum Kiamat Tiba, Akan Muncul Orang yang Mengaku Sebagai Nabi

Sebelum datangnya hari kiamat, akan ada tanda- tanda yang terlihat dimuka bumi. Baik itu dengan disadari oleh manusia ataupun tidak. Salah satu dari beberapa tanda kiamat yaitu, tanah arab yang begitu tandus dan gersang bahkan terkenal jika  tidak ada satu tumbuhan pun yang mampu tumbuh disana, namun dapat menjadi hijau dan subur.

BACA JUGA:8 Tanda Kiamat yang Sudah Terjadi Namun Tidak Disadari, Salah Satunya Pengakuan Lia Eden

Hadits yang menyebut kembalinya tanah Arab menjadi subur menjelang kiamat ini dikeluarkan oleh Imam Muslim. Rasulullah SAW bersabda,

لاَ تَقُومُ السَّاعَةُ حَتَّى تَعُودَ أَرْضُ الْعَرَبِ مُرُوجًا وَأَنْهَارًا

Artinya: "Hari kiamat tidak berlaku sehingga tanah Arab menjadi subur makmur kembali dengan padang-padang rumput dan sungai-sungai." (HR Muslim)

BACA JUGA:Setiap Manusia Pasti Menjalaninya, Begini Perbedaan Yaumul Hisab dan Yaumul Mizan

Dari hadist tersebut, dapat dipahami bahwa Rasulullah ingin menjelaskan bahwa suatu saat, negeri-negeri di Arab yang kering dan gersang akan dilimpahi dengan udara sehingga membentuk beberapa aliran sungai. Keberadaan udara ini juga membuat tanah di arab menjadi subur dan ditumbuhi berbagai tanaman hijau sehingga menjadi padang rumput, kebun-kebun, dan hutan-hutan.

BACA JUGA:Gempa Bumi Salah Satu Tanda Kiamat, Namun Gempa yang Seperti Apa? Begini Penjelasannya

Tanah Arab kembali hijau atau subur menjadi salah satu tanda-tanda kiamat yang disampaikan Rasulullah SAW dalam sabdanya. Dalam sejarahnya, Jazirah Arab memang wilayah yang subur sebelum akhirnya berubah menjadi gurun tandus. Sementara itu, beberapa waktu lalu dunia dihebohkan dengan fenomena menghijaunya pegunungan tandus yang terjadi di Makkah, hal itu dianggap sebagai tanda-tanda akan datangnya hari kiamat. 

BACA JUGA:6 Ciri-ciri Binatang Akhir Zaman Bernama Dabbah Muncul sebagai Pertanda Kiamat akan Datang

Hal inipun membawa Ulama kenamaan Indonesia untuk menanggapi hal tersebut. Ulama dan Guru Besar Tafsir Quran Profesor Quraish Shihab mengimbau agar masyarakat jangan cepat-cepat mencap fenomena itu sebagai hal 'aneh'. Pasalnya, tidak seluruh daerah di Arab Saudi merupakan daerah tandus.

Ada juga daerah yang sudah ditumbuhi tumbuhan hijau sejak lama. Salah satunya daerah Taif.

"Sebenarnya Saudi itu tidak seluruhnya tandus. Daerah Taif itu hijau. Ya memang sejak dulu sudah hijau, jangan lantas dianggap bahwa ya itu tanda kiamat," ujar Shihab yang dikutip dalam program Shihab&Shihab di YouTube.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: