6 Negara Ini Dihantam Gelombang Panas Ekstrem, Bagaimana dengan Indonesia?

Selasa 20-06-2023,15:05 WIB
Reporter : Tim liputan

Salah satu wilayah yang mencapai lebih dari 40 derajat celsius yaitu Nuevo Leon, yang diprediksi tembus hingga 45 derajat celsius. Diberitakan Reuters, gelombang panas di Meksiko ini bakal berlanjut selama 10-15 hari ke depan.

 

Para ilmuwan dari Institut Ilmu Atmosfer dan Perubahan Iklim di Universitas Otonomi Nasional Meksiko memperkirakan wilayah lain kemungkinan mengalami panas ekstrem pada awal Juli. Pada Jumat (16/6), delapan orang sampai tewas imbas suhu panas ini.

 

4. Vietnam

 

Vietnam juga menjadi salah satu negara yang terdampak gelombang panas, yang diperkirakan berlangsung hingga Juni.

 

Gelombang panas di Vietnam sampai-sampai membuat otoritas terpaksa memadamkan listrik imbas tingginya penggunaan pendingin ruangan atau AC.

 

Suhu tertinggi di Vietnam sendiri tercatat pada 6 Mei yakni 44,1 derajat celsius di Provinsi Thanh Hoa, sekitar 150 kilometer selatan Hanoi. Provinsi lain juga mendekati rekor tertinggi di negara itu yaitu 43,3 derajat celsius.

BACA JUGA:Selain China, Dua Negara Ini Lebih Dulu Kembangkan Matahari Buatan

 

5. Bangladesh

 

Pada awal Juni, suhu di Bangladesh mencapai 41 derajat celsius, naik sembilan derajat dari 10 hari sebelumnya yang mencapai 32 derajat celsius. Gelombang panas gila-gilaan ini sampai memaksa pemerintah menutup sekolah dan terus memadamkan listrik.

Kategori :