Begini Cara Klaim dan Biaya Asuransi Mobil Bekas, Prosesnya Mudah dan Cepat

Selasa 22-08-2023,10:04 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

BACA JUGA:Begini Prosedur Klaim Asuransi Mobil Agar Disetujui, Jangan Langsung Panik

 

2. Asuransi TLO

Adapun asuransi ini banyak digunakan untuk proteksi mobil bekas. Ditilik dari namanya, Anda mungkin bisa tahu bahwa asuransi mobil satu ini hanya menanggung kehilangan pada mobil.

 

Akan tetapi, bukan berarti asuransi ini tidak akan menanggung risiko kerusakan. Asuransi hanya akan menanggung kerusakan yang mencapai 75% atau mobil tidak bisa lagi digunakan dengan normal sebagaimana mestinya.

 

Dengan demikian, kalau kerusakan hanya di bagian tertentu dan tergolong kecil maka Anda tidak bisa mengklaim asuransi untuk risiko itu.

 

Biaya Asuransi Mobil Bekas

 

Secara  umum, biaya asuransi oto bekas bergantung pada beberapa hal, termasuk kategori wilayah mobil itu berada. Usia mobil pun mungkin turut memengaruhi besaran biaya premi asuransi yang nantinya harus dibayarkan secara rutin dan konsisten untuk tetap bisa menikmati manfaat asuransi.

 

Contonya Anda membeli mobil bekas kategori 1, yakni jenis kendaraan non bus dan non truk dengan harga mobil antara Rp0 hingga Rp125 juta. Mobil itu berada di wilayah 2, yaitu DKI Jakarta, Jabar, dan Banten.

 

Ambil contoh, harga mobil bekas yang dibeli adalah Rp110.000.000, dengan premi asuransi TLO adalah 0,78% dari harga beli mobil bekas sehingga premi yang harus dibayarkan setiap tahunnya adalah:

Kategori :