Karomah Abah Guru Sekumpul dan Kiai Abbas Buntet, Pesawat Jatuh Hanya Dilempar Tasbih

Selasa 22-08-2023,16:21 WIB
Reporter : Tim liputan

 

1. Karomah Kiai Abbas Buntet

 

Kiai Abbas Buntet merupakan seorang ulama besar asal Cirebon yang masyhur dengan keterampilan pencak silat yang sangat mumpuni serta masyhur juga dengan kesaktiannya. Nah, Salah satu kesaktian beliau yang terekam dalam sejarah adalah saat perjuangannya melawan penjajah belanda.

Sebagaimana kita ketahui dalam sejarah perjuangan mempertahankan kemerdekaan, salah satu bentuk usahanya adalah pertempuran di Surabaya. Pertempuran yang terjadi pada 10 November ini merupakan bentuk perlawanan rakyat Indonesia menghadang pendudukan Inggris di Surabaya. Yang mana perlawanan ini merupakan hasil sebuah resolusi jihad dari KH Hasyim Asy’ari dengan para ulama lainnya.

Diantara ulama yang berperan dalam pertempuran ini adalah Kiai Abbas Buntet. Menurut sejarah, kala itu KH Hasyim meminta para pasukan untuk menahan diri dari pertempuran sambil menunggu datang ksatria dari Barat, yang dimaksud disini adalah Kiai Abbas. Bahkan Bung Tomo yang sangat bersemangat untuk segera berperang, selalu ditahan-tahan oleh KH Hasyim hingga datang Kiai Abbas ke Surabaya.

Singkat cerita Kiai Abbas datang dari Cirebon bersama pasukan santrinya yang telah siap untuk bertempur melawan penjajah Inggris. Pada saat itu beliau berperang menggunakan bakiak, yang mana hal ini merupakan suatu hal yang tak lazim.

BACA JUGA:6 Sholawat Melapangkan Rezeki, Salah Satunya Sholawat Jibril Penarik Rezeki

Diceritakan oleh para santrinya, saat perang sedang berkecamuk Kiai Abbas berdoa kepada Allah, dan tiba-tiba dengan sendirinya sejumlah alu dan lesung milik masyarakat yang berukuran besar, berterbangan ke atas dan menimpa serta meluluhlantakan tentara sekutu. Bahkan yang lebih hebatnya lagi, Pesawat terbangpun dapat beliau jatuhkan hanya cukup dengan lemparan tasbih.

Kemudian menurut informasi dari santrinya yang lain, bahwa saat pertempuran sedang mencapai titik klimaksnya Kiai Abbas dengan karomahnya bukan hanya berada di satu tempat, melainkan di dua tempat yang berbeda. Yaitu tepatnya di pusat kota dan di daerah pesisir pantai Surabaya. Nah, di pantai itulah Kiai Abbas dengan hanya mengibaskan sorbannya ke atas langit dapat menghancurkan puluhan pesawat sekutu dengan sangat mudah.

 

2. Karomah Kiai Hamid Pasuruan

 

Kiai Hamid adalah seorang ulama besar asal Pasuruan yang sangat dikenal dengan kealiman ilmunya, keluhuran ahlaknya, serta kemasyhuran akan keistimewaan dan karomahnya.

Disebutkan dari berbagai sumber, bahwa beliau sejak berusia sangat belia telah menampakkan ciri-ciri kewalian dan keagungannya. Konon, ketika menginjak usia 6 tahun beliau pernah bertemu dengan Rasulullah. Dalam kepercayaan yang berkembang dalam kalangan sufi, meski Rasulullah SAW telah wafat beliau gemar menemui orang-orang yang istimewa, khususnya para wali. Pertemuan ini bukan hanya dalam mimpi, tapi bisa saja secara nyata.

BACA JUGA:Cepat dan Praktis, Simak Cara Mencairkan Limit Akulaku ke DANA Terbaru 2023

Kategori :