5 Kota di Indonesia Ini Usianya Sudah Ribuan Tahun, Juaranya Ternyata Tetangga Bengkulu dan Padang

Kamis 21-09-2023,17:11 WIB
Reporter : Tim liputan

Kota yang sejuk dan penuh toleransi yang terletak di Jawa Tengah ini tidak jauh dari Magelang. Dikenal dengan kehidupannya yang rukun dan penuh toleransi.

Banyak umat beragama yang berbeda keyakinan, tapi kota ini selalu hidup damai. Udara sejuk Salatiga bikin kota ini makin adem dan termasuk kota yang tertata apik, bersih termasuk perawatan gedung-gedung tuanya.

Belum lagi spot fotogenik yang menjadi favorit. Misalnya Salib Putih, Bukit Sembir, hutan pinus Salatiga, pemandian Senjoyo yang menjadi tapak tilas Joko Tingkir, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA:Perburuan Harta Karun Nabi Sulaiman, Tidak hanya Emas, Ada Benda Lain yang Lebih Berharga

Salatiga berdiri sejak 24 juli 750 M yang berarti usianya sekarang sudah 1.271 tahun. Wah sudah tua banget. Kelahiran kota kecil ini tertulis dalam suatu tulisan dengan nama Prasasti Plumpungan. Saat ini prasasti itu berada di Desa Kauman Kidu,l Kecamatan Sidorejo.

5. Kota Palembang

Kota tertua di Indonesia ini dikenal dengan nama Bumi Sriwijaya karena pada zaman dahulu merupakan kerajaan Sriwijaya, pusat kekuatan maritim terbesar se Asia Tenggara.

Palembang juga mendapat julukan Venesia dari timur oleh negara-negara Barat. Kota ini didirikan pada tanggal 16 juli 682 M dan kini sudah berusia 1.340 tahun.

Ditulis di sebuah prasasti Kedukan Bukit. Destinasi fotogenik yang banyak diminati di kota Palembang antara lain kampung Arab Al Munawar, Jembatan Ampera, dan masih banyak lagi. Jadi kota paling tua di Indonesia adalah Kota Palembang yang berusia 1.340 tahun. Kota Palembang merupakan tetangga Kota Bengkulu dan Kota Padang.

Fakta Kota Palembang, Kota Tertua di Indonesia

Palembang menjadi kota tertua yang ada di Indonesia karena usianya genap 1340 tahun hari ini. Banyak fakta menarik soal Palembang.

Dalam catatan sejarah, Palembang sudah berusia 1340 hari ini. Hal itu berdasarkan catatan prasasti Kedukan Bukit yang telah ditemukan di Kedukan Bukit, Palembang pada tahun 1920 silam.

Secara garis besar, prasasti berisi tentang didirikan Wanua atau wilayah pemukiman di daerah yang saat ini dikenal Palembang. Dalam prasati tertulis 16 Juni 682.

Mantan Walikota Palembang, Harnojoyo mengakui Palembang kota tertua di Indonesia. Untuk itu Harnojoyo berharap Palembang dapat menjadi tauladan kota-kota lainnya. “Mudah-mudahan karena tertua bisa mentauladani kota-kota lain yang ada di Indonesia," kata Harnojoyo kemarin.

Berikut 5 fakta menarik soal Palembang:

1. Palembang Kota Tertua di Indonesia

Kategori :