7 Hal Sepele Bikin Tagihan Listrik Rumah Bengkak, Patuhi 5 Cara Menghematnya

Jumat 06-10-2023,16:56 WIB
Reporter : Tim liputan

Anda harus tahu, biasanya peralatan elektronik sehari-hari berukuran besar, seperti mesin cuci atau AC, membutuhkan energi yang tak sedikit.

Jika ada kerusakan, maka peralatan ini dapat menggunakan lebih banyak listrik dari biasanya.

Juga, merupakan ancaman keamanan bagi rumah tangga dan keluarga jika lama dibiarkan. Maka dari itu, penting sekali bagi Anda untuk melakukan perawatan atau servis rutin agar memastikan peralatan tersebut tetap bekerja pada kondisi optimal

BACA JUGA:Percaya Tidak, 10 Bau Ini Katanya Tanda Ada Mahluk Halus di Sekitar Anda, Tidak Harus Bau Busuk

2. Peralatan Elektronik Berusia Tua

Penyebab yang berikutnya ini juga perlu Anda perhatikan. Pasalnya, peralatan elektronik lama justru dapat menyedot lebih banyak listrik daripada peralatan baru yang hemat energi.

Selain itu, penggunaan peralatan elektronik yang melewati waktu utama penggunaannya justru dapat meningkatkan tagihan listrik secara signikan.

Alih-alih memperbaiki atau men-servis, sebaiknya Anda bisa mengganti peralatan elektronik ke yang lebih hemat energi. Dengan cara ini, tentu Anda akan lebih berhemat dalam jangka panjang.

3. Membiarkan Peralatan Tetap Terhubung

Tagihan listrik juga bisa bengkak jika Anda tetap memasang listrik pada perabotan yang ada di rumah. Padahal, membiarkan peralatan elektronik terhubung saat tidak digunakan justru membuatnya beralih ke mode siaga.

Artinya, peralatan tersebut masih menarik listrik untuk memungkinkan Anda menyalakannya kembali lebih cepat. Anda bisa mulai membiasakan mematikan stopkontak utama dan mencabut semua soket yang tidak digunakan.

BACA JUGA:Tidak hanya Jadi Penghias Ruangan, 8 Tanaman Ini Dipercaya Membawa Keberuntungan

Alhasil, Anda dapat dengan mudah melihat pengurangan tagihan listrik rumah tangga. Juga, menjaga elektronik atau peralatan dan stopkontak aman dari kerusakan korsleting pada saat yang bersamaan

4. Peningkatan Penggunaan Peralatan Musiman

Terakhir, penggunaan musiman ternyata juga memengaruhi kenaikan tarif listrik. Misalnya, saat cuaca panas, kemungkinan besar AC akan lebih sering dinyalakan untuk mendinginkan ruangan.

Menurut para ahli, peralatan elektronik dengan sistem pendingin seperti AC, pemurni air, dan kulkas adalah penyebab umum tingginya tagihan listrik. Peralatan elektronik ini cenderung menggunakan lebih banyak listrik untuk mempertahankan fungsinya dan mengatur suhunya, terutama selama cuaca panas.

Kategori :