7 Hal Sepele Bikin Tagihan Listrik Rumah Bengkak, Patuhi 5 Cara Menghematnya

Jumat 06-10-2023,16:56 WIB
Reporter : Tim liputan

4. Menyalakan rice cooker dalam waktu lama

Alat pemasak nasi bisa jadi alasan bayar listrik mahal meskipun pemakaian sedikit. Dibandingkan alat rumah tangga lain, fitur pemanas rice cooker memerlukan daya listrik yang relatif kecil, yakni di bawah 100 watt untuk memanaskan nasi. Namun, jika rice cooker dibiarkan untuk memanaskan nasi seharian tentu akan menyedot lebih banyak listrik.

5. Kebiasaan menggunakan kulkas 

Kamu sering buka-tutup kulkas? Mulai sekarang, kurangi kebiasaan ini. Soalnya, saat kulkas terbuka, mesin akan bekerja lebih ekstra untuk menjaga kestabilan suhu kulkas. Jika kulkas terbuka selama 30 detik aja, butuh waktu 30 menit agar suhunya kembali dingin.

BACA JUGA:Mau Pinjol Rp15.000.000 di JULO Resmi OJK? Cukup Pakai KTP, Begini Cara Ajukannya

Selain itu, hindari memasukkan makanan panas ke dalam kulkas karena memaksa mesin bekerja ekstra untuk mendinginkan suhu. Kebiasaan ini nggak cuma berpotensi merusak kulkas, tapi juga mengakibatkan listrik boros.

6. Menggunakan kompor listrik 

Beberapa orang memilih memasak dengan kompor listrik karena risikonya lebih kecil daripada kompor gas. Namun, listrik yang digunakan untuk memasak tentu berpengaruh pada besaran daya listrik yang dibutuhkan. Rata-rata kompor listrik membutuhkan 700–2.000 Watt, tapi ada juga yang cuma 300–500 Watt. Meskipun demikian, kalau kamu menggunakan kompor listrik dalam waktu lama, semakin bertambah juga tagihan listrik yang mesti kamu bayar.

BACA JUGA:Kenapa Pengajuan Pinjol Ditolak? Coba Cek 5 Penyebab dan Solusinya Berikut

7. Sering memakai blender

Blender bisa menunjang kebutuhanmu untuk membuat minuman jus dalam waktu singkat. Namun, blender memiliki daya listrik yang cukup besar sehingga menjadi salah satu penyebab listrik boros. Setiap blender membutuhkan daya sekitar 250 sampai 500 Watt ketika digunakan. Jika digunakan terlalu sering, tagihan listrik kamu lambat laun bisa melonjak.

Ini Cara Menghemat Biaya Listrik

Sudah cek apa yang bikin tagihan listrik kamu naik? Jangan khawatir, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan agar bayar tagihan listrik hemat.

1. Pasang lampu LED

Lampu LED jauh lebih hemat listrik dibandingkan jenis lampu bohlam. Hanya dengan daya 7 Watt, tingkat pencahayaannya setara dengan lampu pijar 50 Watt.

BACA JUGA:Tanam di Pekarangan Rumah, 7 Tanaman Ini Menurut Islam Bisa Mendatangkan Rezeki

Kategori :