Tidak Harus Punya Lahan Luas, Menanam Melon juga Bisa di Polybag, Begini Caranya

Sabtu 07-10-2023,07:58 WIB
Reporter : Tim liputan
Editor : Purnama Sakti

- Pilih polybag yang tepat

Cara menanam melon di polybag yang pertama bisa Anda lakukan adalah, pilih polybag yang cukup besar dengan kapasitas sekitar 20 liter atau lebih. Anda juga perlu memastikan bahwa polybag tersebut memiliki lubang drainase di bagian bawahnya, sehingga air dapat keluar dari polybag dan tanah tidak menjadi terlalu lembap.

- Siapkan media tanam

Cara menanam melon selanjutnya yaitu siapkan campuran media tanam, yang terdiri dari tanah, pupuk kandang, dan kompos atau cocopeat dengan perbandingan 2:1:1. 

Campur semua bahan tersebut hingga tercampur rata. Pastikan bahwa campuran media tanam tidak terlalu padat atau terlalu gembur, dan memiliki kandungan nutrisi yang cukup untuk mendukung pertumbuhan tanaman.

- Isi polybag dengan media tanam

Ambil polybag dan isi dengan campuran media tanam, hingga sekitar 2/3 bagian penuh. Ratakan permukaannya dan berikan sedikit air untuk membuat media tanam sedikit lembap. Pastikan bahwa media tanam merata di seluruh bagian polybag dan tidak terlalu padat atau terlalu gembur.

BACA JUGA:Manfaat Kartu Prakerja Gelombang 62, Biaya Pelatihan Rp 3,5 Juta dan Insentif Rp 600.000

- Siapkan bibit

Pilihlah bibit melon yang sehat dan berkualitas. Anda dapat membeli bibit di toko pertanian atau menumbuhkan bibit sendiri dari biji melon. Jika biji belum direndam dalam air, rendam biji dalam air selama 24 jam sebelum menanamnya. Hal ini akan membantu mempercepat perkecambahan biji dan memastikan bahwa bibit akan tumbuh dengan baik.

- Tanam bibit

Tanam bibit melon di tengah-tengah polybag, hingga kedalaman sekitar 2,5 cm. Tutup biji dengan tanah dan tekan-tekan tanah di sekitar biji, untuk membuatnya menempel. Pastikan bahwa bibit ditanam dengan cukup dalam dan terkubur dengan baik di dalam tanah.

- Beri label pada polybag

Label pada polybag dengan menuliskan jenis tanaman dan tanggal penanaman. Ini akan membantu Anda untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan tanaman Anda, dan juga memudahkan Anda untuk mengingat kapan Anda menanamnya.

BACA JUGA:Siap Jadi Orang Kaya? Ini Tanda Kamu Bakal Dapat Rezeki Tak Terduga Menurut Primbon Jawa

- Letakkan polybag di tempat yang sesuai

Kategori :